get app
inews
Aa Read Next : Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif dari Limbah Industri

Peringati Hari Hutan Internasional, SIG Hijaukan Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jum'at, 22 Maret 2024 | 16:33 WIB
header img
Petani green belt memelihara bibit tanaman di kawasan green house Ecopark Kambangsemi, bibit tanaman digunakan untuk revegetasi lahan pascatambang SIG Pabrik Tuban.

iNewsGresik.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus memegang komitmennya menjaga kelestarian lingkungan, di antaranya melalui pemulihan lahan pascatambang di Pabrik Tuban, Jawa Timur.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, hingga tahun 2023, SIG telah mereklamasi lahan seluas 238,64 hektare dengan  menanam sebanyak 503.466 pohon (revegetasi).

"Revegetasi lahan pascatambang merupakan upaya SIG untuk memulihkan fungsi lahan dan meningkatkan kemanfaatannya secara berkelanjutan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024).

Upaya ini, lanjutnya juga untuk melindungi keanekaragaman hayati di area sekitar Pabrik Tuban. Saat ini terdapat lebih dari 10 jenis pohon yang telah ditanam di lahan pascatambang SIG Pabrik Tuban di antaranya pohon jati, klampis, trembesi, johar, flamboyan, kayu putih, mahoni, sengon buto, jeruk, nyamplung, beringin, hingga sawo kecik.

”Pemilihan jenis pohon dilakukan berdasarkan kemanfaatannya, seperti pohon trembesi, mahoni, beringin dan jati yang memiliki kemampuan menyerap emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang baik,” ungkapnya.

Vita Mahreyni menambahkan di lahan pascatambang, SIG juga memiliki Arboretum Bukit Daun untuk menyimpan koleksi tanaman langka, seperti agathis dammara (damar), eusyderoxylon zwageri (ulin), aquilaria malaccensis (gaharu), phoenix dactylifaera (kurma) dan limonia acidissima (kawista). 

"Kawasan wisata edukasi dan fasilitas riset dan penelitian ini, juga menjadi habitat bagi keragaman avifauna, seperti prenjak padi, terkukur, cucak kutilang, cipoh kacat dan takur ungkut- ungkut," bebernya.

Masih kata Vita Mahreyni, SIG Pabrik Tuban juga melakukan terobosan inovatif dengan membangun kawasan Ecopark Kambangsemi, sebagai sarana pemberdayaan masyarakat. 

"Ecopark Kambangsemi merupakan inovasi lingkungan dan sosial yang sejalan dengan semangat keberlanjutan, seperti tertuang dalam SIG Sustainability Roadmap 2030," pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut