get app
inews
Aa Read Next : Bersepeda Air Sambil Memancing di Tambak, Jadi Favorit Libur Lebaran di Gresik

Usaha Kue Rumahan di Gresik Laris Manis Jelang Idhul Fitri, Omset Penjualanya Meningkat 400 Persen

Sabtu, 30 Maret 2024 | 12:01 WIB
header img
Warga pemburu kue lebaran padati kampung sentra perajin kue ringan di Gresik

iNewsGresik.id - Menjelang hari raya Idhul Fitri, ribuan warga memadati rumah usaha kue kering di sentra perajin di desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Kabupate Gresik.

Antrian warga berburu kue lebaran ini, terjadi hampir setiap hari. Mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. 

Bahkan, warga yang datang tidak hanya dari Gresik, tetapi juga dari kota lain di sekitarnya. Di antaranya Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Sidoarjo hingga Mojokerto.

Salah satu pelanggan asal Lamongan, Kholifah mengatakan harga yang lebih murah dan pilihan jenis kue yang beragam menjadi daya tarik untuk berbelanja di sentra kue Gresik. 

"Sudah 2 kali ini, Saya dan keluarga besar belanja kue lebaran di sentra perajin Gresik. Selain murah, pilihanya kuenya juga beragam," ujarnya, Sabtu (30/3/2024). 

Selain itu, lanjut Kholifah, belanja di sentra kue Gresik tidak sekedar untuk persediaan lebaran d rumah. Tetapi juga untuk oleh-oleh lebaran maupun untuk kulak dan dijual kembali. 

"Kalau saya belanja untuk kebutuhan di rumah sekaligus untuk oleh oleh pulang ke kampung halaman,"ujarnya. 

Hal senada disampaikan Sunarto, pelanggan asal Kabupaten Mojokerto. Ia menyebutkan belanja kue kering secara kiloan. Kemudian dijual kembali dengan kemasan rumah tangga. 

"Alhamdulilah. Keuntunganya bisa untuk merayakan idhul fitri bersama keluarga," ujar pedagang sudah 5 tahun rutin kulak di sentra Gresik.

Salah satu Pedagang kue ringan, Suaji mengatakan sejak dua pekan terakhir omset penjualanya terus meningkat hingga mencapai 400 persen atau sekitar Rp 300 juta per hari. 

"Lonjakan penjualan diperkiarakan akan merus meningkat hingga datangnya lebaran," ujar Suaji di sela kesibukanya melayani pelanggan. 

Gerai kue miliknya, lanjut Suaji, tidak hanya memasarkan kue tradisional produk UMKM warga di desanya. Namun, juga menjual beragam kue ringan produk UMKM dari 9 wilayah kecamatan di Gresik.

Beragam kue produk UMKM yang menjadi favorit lebaran di antaranya camilan Mente, Keripik Sukun, Keripik Gadung, Rampak kulit sapi, Keripik Pisang, Pastel, Roti Nastar, Keripik bayam, Rengginang, Coklat, Olahan kacang dan masih banyak lagi. 

"Kami bersyukur, bisa membantu memasarkan produk UMKM Gresik. Bahkan,  saat ini perajin kue kering sudah kuwalaha memenuhi lonjakanpesanan," ungkapnya. 

Lebih jauh, Suaji mengungkapkan harga kue ringan yang dijual di sentra Gresik lebih murah, dan lebih fresh karena langsung dari tangan perajin. "Semoga lebaran ini membawa berkah bagi perajin dan juga warga yang merayakanya," pungkas Suaji.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut