get app
inews
Aa Read Next : Polisi Ringkus 2 Remaja, Tersangka Pelaku Pencabulan Gadis di Bawah Umur di Pulau Bawean

Jenasah Mahasiswa PMII, Korban Perahu Tenggelam Dipulangkan ke Gresik

Selasa, 30 April 2024 | 21:35 WIB
header img
Jenazah saat hendak disholati ke Masjid Jami Alun-alun, Bawean

iNewsGresik.id - Jenazah Adam Surya Pratama (23), korban kecelakaan laut di perairan Sangkapura, Bawean Gresik dipulangkan ke rumahnya di desa Bonteng, kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik.

Jenasah Adam Surya Pratama (23), warga Desa Boteng, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, diberangkatkan dengan armada laut KMP Gili I pada pukul 21.00 WIB, Selasa (30/4/2024). 

Sebelum diberangkatkan ke kapal, jenazah Ketua Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Al Azhar, Menganti, Gresik, disholatkan di Masjid Jami’ Alun-alun Bawean.

Sholat jenazah itu pun diikuti ratusan kader maupun alumni PMII Bawean dan masyarakat sekitar. 

Ketua Ikatan Alumni (IKA-PMII) Bawean, Afandi, mengatakan proses pemulangan jenazah dihadiri pihak keluarga korban beserta kader.

“Kami turut berduka cita, dan semoga Almarhum Khusnul Khotimah. Semoga kejadian ini tidak terulang kembali,” ucapnya, di Pelabuhan Bawean, Selasa malam (30/4/2024). 

Kakak sepupu korban, Rizal, tidak bisa menahan sedih saat jenazah korban hendak dipulangkan ke Gresik. Ia memgaku berterima kasih kepada para kader PMII, stekholder terkait, beserta warga masyarakat Bawean, yang turut merawat jenazah hingga dipulangkan. 

“Kami berterima kasih kepada semua warga serta semua kader PMII Bawean yang turut mengawal sampai pemulangan jenazah adik saya,” tuturnya. 

Kades Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Supar mengatakan permohonan maaf atas insiden yang terjadi. 

“Atas nama pemilik perahu kami minta maaf. Semoga ini menjadi pelajaran kami kedepannya. Dan keluarga korban diberikan ketabahan dalam menerima musibah ini,” harapnya. 

Supar Menambahkan, pihak Pemdes menanggung semua biaya pemulasaran jenazah hingga biaaya pemulangan. 

“Pemdes semuanya yang nanggung. Karena keluarga pemilik perahu, juga tidak mampu. Kalau nanti ada permasalahan, bisa dilakukan secara kekeluargaan,” tuturnya. 

Kasi Ekonomi Kecamatan Sangkapura, yang mewakili Camat Sangkapura, Kemas Saiful Rizal juga turut bela sungkawa atas musibah yang terjadi. 

“Kami terima kasih kepada warga Kecamatan Sangkapura beserta para kader PMII yang turut mengurus jenazah korban hingga mensolati ke Masjid Jami’,” ujarnya. 

Sekedar informasi, jenazah dipulangkan dengan KMP Gili Iyang dengan tujuan Pelabuhan Paciran. Kapal berlayar sekitar 10 jam perjalanan.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut