get app
inews
Aa Read Next : Transisi Energi, Petrokimia Gresik Memulai Program Konversi Motor Berbahan BBM Menjadi Motor Listrik

Pingin Ubah Motor BBM Menjadi Motor Listrik, Cukup Datangi Bengkel SMK di Gresik

Kamis, 04 Juli 2024 | 14:22 WIB
header img
Bengkel Konversi Sepeda Motor Bensin menjadi Listrik milik SMK Semen Gresik (FOTO : Istimewa)

iNewsGresik.id - Jika tertarik merubah motor Bahan Bajar Minyak (BBM) ke motor listrik, kini tidak perlu jauh. Karena, SMK Semen Gresik telah meluncurkan Bengkel Konversi Sepeda Motor BBM menjadi listrik di Jalan Noto Prayitno, Sukorame, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. 

Bengkel atau Business Center ini, yang dirintis sejak 2 tahun lalu merupakan hasil kolaborasi SMK Semen Gresik dengan PT Braja Elektrik Motor.

Kepala SMK Semen Gresik, Choirul Ichsan mengatakan, peresmian itu merupakan langkah maju bagi SMK Semen Gresik dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi era elektrifikasi kendaraan.

“Inisiasi bengkel konversi dan business center ini sebenarnya tercetus sejak 2 tahun lalu dan Alhamdulillah akhirnya terealisasi hari ini. Dengan adanya bengkel ini para siswa bisa belajar bagaimana menghadapi customer, dan hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah,” ungkapnya, Kamis (4/7/2024).

Ia menyebut, bengkel konversi motor listrik ini dapat difungsikan oleh masyarakat umum untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan mengurangi polusi udara.

“Munculnya bengkel konversi ini untuk mengurangi emisi. Jadi sasaran marketnya untuk masyarakat luas, dan kami optimis dengan masa peralihan ini tak menjadi hambatan SMK Semen untuk semakin maju,” terangnya.


Satu project konversi sepeda motor bensin menjadi listrik tersebut mampu menghabiskan anggaran Rp 16 juta. Apabila mengikuti program subsidi kementerian ESDM mampu memangkas budget hingga Rp 10 juta include bersama baterai litium.

Sementara itu, Ketua yayasan Semen Indonesia Foundation (SIF), Dr Effnu Subiyanto menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam mewujudkan business center tersebut.

“SMK Semen Gresik tak hanya mampu mencetak bakat-bakat teknisi ahli. Namun bisa memberi kontribusi ke Pemerintah lebih baik, menjaga lingkungan agar bersih dan hijau dengan proyek hebat kewirausahaan seperti ini. Gagasan ini diharapkan bisa suistanable,” ucapnya.

Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan provinsi Jawa timur Wilayah Kabupaten Gresik, M Ariyanto menyebutkan bahwa SMK Semen Gresik adalah sekolah unggul yang memiliki segudang inovasi dengan mengkolaborasikan antara dunia usaha dan dunia industri.


“Keberhasilan karya inovatif ini adalah prestasi yang luar biasa dari para siswa SMK Semen Gresik,” pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut