get app
inews
Aa Read Next : Gelar Wisuda Purnasiswa, SMA Muhammadiyah 8 Gresik Bekali Siswa Kunci Sukses Meraih Mimpi

Mahasiswa Keperawatan UMG Gelar KKN, Berikan Layanan Kesehatan Lansia

Kamis, 05 September 2024 | 19:58 WIB
header img
Mahasiswa memberikan layanan pemeriksaan kesehatan kepada 96 lansia di desa Srowo

iNewsGresik.d – Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menggelar Praktek Kerja Nyata (KKN) dengan memberikan layanan kesehatan kepada Lansia di Posyandu Lansia Desa Srowo, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Rabu (4/9).

Pada kegiatan ini, mahasiswa memberikan layanan  pemeriksaan kesehatan kepada 96 lansia di desa setempat. Dari hasil pemeriksaan, kebanyakan lansia menderita hipertensi dan asam urat.

Salah satu mahasiswa Ilmu Keperawatan UMG ,Laras Puspita Maharani, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama para lansia.

Kami berharap kegiatan ini, kondisi kesehatan para lansia dapat semakin membaik," ujarnya, Kamis (5/9)

Sementara itu, Romlah, Bidan Desa Srowo. menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran acara.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan partisipasi 96 lansia. Terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan Posyandu Lansia hari ini,” ungkapnya.

Layanan kesehatan ini, lanjut Romlah menyoroti bahwa hipertensi dan asam urat merupakan masalah kesehatan utama.

"Terdeteksi sebanyak 50 lansia diketahui menderita hipertensi dan 25 lainnya menderita asam urat. Mereka langsung mendapatkan penanganan, " terangnya.

Nurhayati, kader Poskesdes Desa Srowo, menambahkan bahwa kehadiran mahasiswa KKN sangat membantu dalam memberikan layanan kesehatan bagi lansia.

 "Bantuan dari mahasiswa KKN sangat bermanfaat. Semoga mereka terus semangat dalam berbuat baik," ujarnya.

Selain pemeriksaan, para lansia juga mendapatkan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan diajak untuk lebih terbuka dalam menyampaikan keluhan kesehatannya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif berkelanjutan dalam meningkatkan kesadaran kesehatan di kalangan lansia dan masyarakat Desa Srowo.

Acara ini dihadiri oleh Bidan Desa, kader Poskesdes, perangkat desa, dan para lansia, yang turut merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan yang diberikan

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut