get app
inews
Aa Read Next : Berita Terpopuler, Arab Saudi Ancam Penjara Jemaah Haji yang Bawa Slogan Sektarian

Menag Yaqut Ingatkan CJH Saat ini di Saudi Musim Panas

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:09 WIB
header img
Menag Yaqut Cholil Qoumas menegaskan logo halal diterbitkan BPJH. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Peringatan bagi calon jemaah haji (CJH) yang hendak berangkat musim haji 1443 H/2022 M. Pasalnya, saat ini Arab Saudi sedang masuk musim dengan temperatur 44-50 derajat celsius.

Permintaan itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan resminya, Selasa (24/5/2022). Menurutnya, para jemaah selalu menjaga kesehatan jelang keberangkatan. 

"Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celsius," ujarnya.

Menag berharap jemaah mulai mempersiapkan diri dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan menjelang keberangkatan.  

"Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi (dan) suhu udara yang ekstrim. Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya," kata dia.

Sementara itu, Menag Yaqut telah memastikan kesiapan penyelenggaraan haji baik berupa layanan akomodasi, transportasi, katering serta layanan kesehatan selama lima hari di Arab Saudi. Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini juga menyarankan kepada jemaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan berbagai persiapan fisik. 

"Dalam masa tunggu ini sampai nanti jemaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi," tutur dia. Diketahui, pemerintah Arab Saudi telah memperbolehkan satu juta warga di luar Saudi untuk menjalankan ibadah haji tahun 2022. Pemerintah Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 orang dengan pemberangkatan kloter pertama pada 4 Juni 2022 mendatang.
 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut