get app
inews
Aa Read Next : Pasca Gempa, Puluhan Ribu Warga Bawean Bersholawat dan Doa Bersama Habib Syech

Ambulan Laut Siap Antar Warga Bawean Berobat

Kamis, 02 Juni 2022 | 15:21 WIB
header img
Inilah penvmpakan kapal Ambulan Laut yang disediakan Pemkan Gresik bagi warga Bawean bero bat ke rumah sakit daratan.

GRESIK, iNews.id -  Kabar gembira bagi warga Bawean. Pemkab Gresik sudah menyiapkan kapal cepat dengan fasilitas kesehatan. 

Kapal kerap disebut Ambulan Laut. Selanjutnya, kapal itu untuk membawa warga yang sakit berobat ke rumah sakit di daratan.

Kapal itu diproduksi PT Blambangan Raya Perkasa di  Banyuwangi, Jawa Timur. Kecepatannya 40 PK atau per satu jam membutuhkan 20 liter bahan bakar jenis pertalite. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, ambulans itu berkapasitas delapan  orang. Serta sudah dilengkapi sarana tidur untuk pasien. Sehingga ambulans ini sebagai langkah mitigasi pelayanan kesehatan di Pulau Bawean. 

“Sehingga warga Bawean yang memerlukan tindakan ada kemudahan dalam penanganan pelayanan kesehatan,” katanya, Kamis (2/6/2022). 

Ambulan laut dianggap efektif. Sebab, sebelumnya warga Bawean yang hendak berobat ke darat harus naik kapal umum. Tentu saja itu menberatkan, apalagi pasien harus berdesakan dengan penumpang kapal. 

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Gresik dr Mukhibatul Khusnah menambahkan, ambulan itu memuliki dua tempat tidur yang bisa digunakan. Sangat layak untuk digunakan trasportasi laut. 

“Kemungkinan nanti bisa dilakukan rute Bawean – Gresik jika memang emergency. Dengan tingkat kedaruratan 20 knok kecepatan,” bebernya. 

Diketahui, penyerahan ambulan laut itu diberikan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Saat ini, ambulan laut akan terparkir di Terminal Pamona Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Tambak Pulau Bawean.

 

Editor : Ashadi Ikhsan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut