Logo Network
Network

Cegah Penyebaran Virus PMK, Kelompok Tani di Gresik Minumkan Air Degan Hijau

Agus Ismanto
.
Jum'at, 03 Juni 2022 | 09:15 WIB
Cegah Penyebaran Virus PMK, Kelompok Tani di Gresik Minumkan Air Degan Hijau
Suryadi sedang memberikan minum air degan pada sapi peliharaannya.

Air kelapa muda (Degan) tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan manusia, tetapi juga berkhasiat untuk peningkatan kesehatan hewan peliharaan. Sejak virus PMK merebak, sejumlah , peternak sapi di gresik ramai-ramai memberikan minum air degan hijau pada sapi peliharannya.

Alhasil, sapi miliknya semakin doyan makan. Ketahanan tubuhnya meningkat dan terhindar dari virus penyakit yang menyerang mulut dan kuku sapi..

Suryadi, peternak sapi asal desa Pandanan, kecamatan Duduk Sampean, kabupaten gresik, sosok petani yang getol memberikan air degan hijau pada sapi peliharannya..

Ia menilai, air degan hijau terkandung nutrisi yang berpotensi memperkuat kekebalan sapi, sehingga mampu melawan infeksi dan serangan virus termasuk PMK.

"Kandungan air degan hijau membuat sapi doyan makan. Ketahanan tubuhnya meningkat, sehingga mampu melawan infeksi termasuk virus PMK," ujarnya saat ditemui di kandang sapinya.

Pemanfaatkan air degan hijau tidak terjadi secara tiba-tiba. Sebelumnya, ia juga memanfaatkan campuran kunyit, madu dan telur untuk sapi peliharaanya.

Ia juga rajin memandikan dan memberishkan kandang sapinya agar nyaman dan aman. "Alhamdulilah, sapi sapi saya sehat dan terhindar dari virus PMK," ujarnya.

Keberhasilanya merawat dan melindungu sapi peliharaan, kini menginspirasi peternak sapi lain di desanya. Sejumlah sapi yang sempat sakit kembali sehat dan makin semangat.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.