get app
inews
Aa
Read Next : Ketika Kepala Rekam Medik Rumah Sakit Semen Gresik Jadi 'Guru Dadakan' di SD YIMI Gresik

Jelang Tahun Ajaran Baru 2022/2023, Guru Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

Kamis, 07 Juli 2022 | 00:52 WIB
header img
Jelang tahun ajaran baru 2022/2023 SMAN Sugiwaras, Bojonegoro gencarkan peningkatan kualitas SDM guru.

BOJONEGORO, iNews.id - Sambut tahun ajaran baru 2022/2023, 
SMA Negeri Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) selama 4 hari di aula sekolah, Kamis (7/7/2022). 

Kegiatan peningkatan keterampilan tenaga pendidik ini, menghadirkan narasumber Priyandono, pengawas pembina dari Gresik yang sudah berpengalaman mendampingi sekolah penyelenggara Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 1.


Pembukaan Bimtek dihadiri, sejumlah pejabat struktral di lingkungan Cabang Dinas pendidikan Kabupaten Bojonegero, pengawas Pembina dan semua dewan guru

Kepala SMAN Sugihwaras Muhammad Syamsu, mengatakan,Bimtek IKM bertujuan untuk menguatkan pemahaman konsep kurikulum merdeka, sekaligus merancang program tindak lanjut yang akan dilakukan terhadap implementasi kurikulum merdeka.

“Harapan saya, agar para guru mendapatkan pemahaman yang terang benderang sehingga benar-benar siap melaksanakan IKM pada tahun pelajaran baru yang dimulai pada 18 Juli 2022 mendatang” ujar kepala sekolah yang aktif menulis buku. 

Selain bimtek, lanjutnya, pihak sekolah berencana melakukan studi tiru ke sejumlah sekolah yang sudah terlebih dahulu mengimplementasikan kurikulum merdeka. "Hasil bimtek ini, akan kita elaborasikan dengan kegiatan studi tiru yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini," ujarnya. 

Muhammad Syamsu, menambahkan, semenjak Mas Menteri Nadiem Makarim meluncurkan IKM, pihak sekolah telah “umek” dengan kurikulum yang awalnya disebut kurikulum paradigma baru, yang berubah menjadi kurikulum prototipe. "Ini dibuktikan dengan buku terbarunya yang berjudul Manajeman Sekolah Penggerak," tandasnya. 

Pada kesempatan bimtek, kepala sekolah yang akrab disapa Pak Syamsu, memberikan karya terbarunya kepada Priyandono, salah satu narasumber kegiatan tersebut. “Sudah menjadi kebiasaan, kalau ada tamu ke sekolah, saya selalu memberikan cinderamata buku karya buku saya,” tutur Kepala Sekolah yang karya bukunya mendapat Apresiasi dan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Dia menambahkan, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru pengganti kurikulum 2013. Oleh sebab itu Bimtek pembekalan IKM mengupas tentang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Pemahaman Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar serta Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pengawas Pembina SMAN Sugihwaras Anis Fathul Cholis memberikan apresiasi positif kepada seluru dewan guru yang hadir. Mantan Guru SMAN 1 Bojonegoro itu tidak mampu menyembunyikan rasa bangganya melihat antusias dan semanta mereka. “Semangat dan keseriusan bapak dalam ibu dalam belajar Kurikulum Merdeka ini menujukkan open mind terhadap perubahan dan dukungan mereka pada kebijakan pemerintah,” ujarnya

Harapan saya, lanjut Anis, bapak dan ibu guru benar benar membuka diri mengubah mind set dalam membersamai murid-murid kekuatan kodratnya dapat tumbuh dan berkembang. Benar-benar all out berpihak pada mereka.  Oleh sebab itu, guru harus terus belajar menyesuaikan perkembangan zaman adalah niscaya. 

“Apa pun kurikulumnya, gurulah yang menjadi garda paling depan dalam menentukan keberhasilannya. Pun juga Kurikulum Merdeka. Berhasil tidaknya juga tergantung gurunya,” pungkasnya
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut