get app
inews
Aa Read Next : Ibadah SG Singapura Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa Bawean

Mensos Serahkan Bantuan Mesin Perahu, Nelayan Gresik curhat Jeratan Hutang Rentenir

Minggu, 23 Oktober 2022 | 10:55 WIB
header img
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan sebanyak 84 unit mesin penangkap ikan kepada nelayan di Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik Kota, Kabupaten Gresik, Sabtu (22.10/2022)

GRESIK, iNews.id - Ratusan nelayan di pesisir laut Gresik Curhat ke Mensos Tri Rismaharini akibat terjerat hutang rentenir dengan buang mencekik, akibat meminjam uang operasional keperluan melaut. 

Keluhan ini disampaikan nelayan kepada Mensos di tengah acara pemberian sebanyak 84 unit mesin perahu nelayan di balai Purbo, kelurahan Lumpur, kecamatan Gresik Kota, Kabupaten Gresik, Sabtu (22/10/2022).

Salah satu nelayan, mengatakan,dengan meminjam uang sebesar Rp 1 juta,maka dirinya harus mengembalikan sebesar Rp 1,5 juta selama 4 bulan dan dibayar per hari. Uang itu digunakan untuk keperluan operasiona melaut. "Setelah dipotong keperluan membayar hutang, keluarga kami hanya tersisa sebesar Rp 50 ribu," ujarnya. 

Mendengar keluhan para nelayan, Menteri Sosial Tri Rismahari, merasa prihatin dan spontan memberikan solusi dengan menginisiasi pembentukan koperasi nelayan. "Saya bantu modal pembentukan koperasinya," ujarnya.

Koperasi ini, lanjutnya,  akan memberikan pinjaman uang tanpa jaminan dengan bunga rendah. Mensos mencontohkan, jika nelayan bisa melunasi hutang kurang dari 3 hari, maka tidak perlu membayar bunga hutangnya. Sehingga hasil penjualan tangkap ikan nelayan bisa maksimal. 

"Nelayan, tidak perlu lagi pinjam rentenir. Jadi, kalau butuh uang operasional di bawah Rp 3 juta, maka cukup di koperasi saja," terangnya.

Menurut Mensos, bantuan permodalan pendirian koperasi senilai Rp 2 juta untuk satu perahu dengan 2 orang nelayan.Namun, soal teknis pembentukan koperasi akan ditangani pemkab Gresik melalui Dinas koperasi.

"Saya berharap Nelayan mengelola koperasi dengan baik. Siapapun yang pinjam uang ya wajib membayar. Karena koperasi ini akan menjadi solusi keuangan bagi nelayan agar tidak terjerat rentenir," terangnya. 

Pada kesempatan ini, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan bantuan sebanyak 84 unit mesin perahu (11 PK) kepada nelayan di Kelurahan Kroman dan Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik, kabupaten Gresik. 

Prosesi penyerahan bantuan senilai Rp 1,2 Mliar dilakukan secara simbolis kepada 7 kelompok nelayan di Balai Purbo, kampung nelayan di kelurahan Lumpur, kecamatan Gresik. Penyaluran bantuan mesin perahu penangkap ikan merupakan tindak lanjut  kunjungan Presiden Joko Widodo di kampung nelayan, pada bulan April lalu. 

"Waktu itu, nelayan meminta bantuan mesin penangkap ikan. Alhamdulilah, sudah kita realisasikan. Semoga bantuan ini bermanfaat dan meningkatkan perekonomian nelayan," ucap Mensos Risma didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, mengapresiasi gerak cepat Mensos dalam merespons keluhan nelayan. Bantuan mesin perahu nelayan dan pendirian koperasi nelayan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian nelayan. 

"Kami sangat mengapresiasi gerak cepat Mensos. Semoga bantuan ini bermanfaat dan mampu meningkatkan taraf perekonomian nelayan," ujarnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut