get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Berburu Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik

Fokus Optimalkan Platform Digital, Petrokimia Gresik Raih Penghargaan UPZ Award 2022

Senin, 31 Oktober 2022 | 00:43 WIB
header img
UPZ Baznas Petrokimia Gresik meraih penghargaan 'UPZ BUMN Pelaporan Terbaik dan Pengumpulan ZIZ Terbaik di ajang UPZ Award 2022

GRESIK, iNews.id - Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ Baznas) Petrokimia Gresik meraih penghargaan 'UPZ BUMN dengan Pelaporan Terbaik  dan Pengumpulan ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) Terbaik di ajang UPZ Award 2022. 

Prosesi penyerahaan penghargaan secara simbolis diterima Manager UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Deddy Firman Rahmadi di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas di Jakarta, Kamis (27/10).

Ketua UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono, mengatakan pelaporan dana ZIS menggunakan sistem informasi terpadu yakni sizipro.upzbaznaspg.com yang merupakan platform digital berbasis web. 

"UPZ Baznas Petrokimia Gresik juga melaporkan kegiatan dengan memanfaatkan media sosial Instagram dan Facebook serta melalui Whatsapp Blasting yang dilakukan secara berkala kepada para donatur, " ujarnya.

Yusuf Wibisono menambahkan,  UPZ Baznas Petrokimia Gresik juga mengemas pelaporan dalam Bulanan Digital, serta Annual Report. Program digitalisasi dikerjakan tim Sekretaris UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Ari Primantara dan tim konten-kontennya dikoordinir Bendahara UPZ Baznas Petrokimia Gresik, M Nadhiful.

"Karena para donatur kami adalah karyawan Petrokimia Gresik yang sebagian besar generasi Milenial dan sangat akrab dengan teknologi, maka penyampaian pelaporan pengelolaan dana ZIS dan kegiatan melalui platform digital,"  terangnya.

Pemanfaatan platform digital, lanjutnya, juga dilakukan pada pengumpulan ZIS. Para donatur dapat menyalurkan dana ZIS melalui dompet digital melalui transfer  menggunakan scan barcode atau QRIS. Selain itu,  pengumpulan ZIS dilakukan melalui payroll setiap bulan, sehingga prosesnya otomatis dan tidak rumit. 
"Dengan begitu, semua proses UPZ dilakukan lebih transparan, praktis dan aman," ungkapnya.

Yusuf Wibisono yang juga menjabat Sekretaris Perusahaan (Sesper) Petrokimia Gresik mengungkapkan UPZ Baznas Petrokimia Gresik selalu melibatkan para donatur dalam proses penyaluran ZIS kepada penerima manfaat.  "Dengan begitu, semakin terbangun engagement antara donatur, UPZ Baznas Petrokimia Gresik dan penerima manfaat," terangnya.

Penghargaan pelaporan terbaik  Baznas Republik Indonesia ini merupakan penghargaan kedua yang diraih UPZ Baznas Petrokimia Gresik. "Ini membuktikan UPZ Baznas Petrokimia Gresik sebagai lembaga penghimpun dan penyaluran dana ZIS yang amanah dan profesional sesuai regulasi, syariat, dan tata kelola yang baik," pungkasnya. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut