get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Kecelakaan, Pemudik Motor Diminta Tak Bawa Anak dan Muatan Berlebih

Jaga Keselamatan Penumpang, Puluhan Awak Bus Jalani Tes Urine di Gresik

Sabtu, 24 Desember 2022 | 00:42 WIB
header img
Puluhan awak bus menjalani Tes urine untuk mengantisipasi penggunaan obat-obatan terlarang (narkoba) yang dampaknya dapat membahayakan penumpang

GRESIK, iNews.id - Puluhan awak bus terdiri dari sopir, kondektur dan kernet bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) menjalani tes urine di Terminal Bunder, Gresik, Jumat (23/12/ 2022).

Tes Urine ini digelar tim gabungan kepolisian, TNI, dinas perhubungan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya pada perayaan Natal dan tahun baru 2023.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Agung Fitriansyah mengataan tes urine itu dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan obat-obatan terlarang (narkoba) bagi awak bus yang dampaknya membahayakan keselamatan penumpang.

"Ini langkah antisipasi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya," ujarnya.

Dikatakanya, tes urine terhadap sopir bus ini dilakukan terkait libur perayaan natal dan tahun baru (Nataru), sehingga warga bisa merayakan natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

"Tes urine untuk mengecek kesehatan dan kesiapan pengemudi dalam mengemudikan kendaraannya serta menekan angka kecelakaan lalu lintas,” tandasnya.

Sementara itu, seorang pengemudi bus, Eko Dwi Sampura,mengatakan mendukung upaya tim gabungan melakukan tes urine kepada awak bus. "Saya sangat sepakat. Dengan begitu pengemudi akan lebih bertanggungjawab dan disiplin dalam mengemudikan kendaraan," ujarnya.

Dikatakanya, tes urine seharusnya dilakukan secara berkelanjutan. Tidak hanya pada perayaan Natal, tahun baru dan lebaran.  
Langkah ini, sangat efektif untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya. "jangan sampai pengemudi membawa kendaraan dalam pengaruh narkoba, karena membahayakan keselamatan orang lain," pintanya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut