get app
inews
Aa Read Next : Lolos 12 Besar, Pemain Gresik United Dapat Jatah Libur 3 Hari

Stadion Gelora Joko Samudro Gresik Layak Menggelar Kompetisi Liga 1 dan 2

Minggu, 01 Januari 2023 | 17:46 WIB
header img
Ketua Tim Risk Assement Mabes Polri Kombes Pol Ferdinan Pasaribu saat menyerahkan hasil penilaian di Mapolres Gresik.

GRESIK, iNews.id - Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) dinilai layak menjadi tempat penyelenggaraan kompetisi Liga 1 maupun Liga 2. Kelayakan Gejos disampaikan Ketua Tim Risk Assement Mabes Polri Kombes Pol Ferdinan Pasaribu saat menyerahkan hasil penilaian di Mapolres Gresik.

"Stadion Gelora Joko Samudro Gresik terbaik dari tiga stadion,  yang kami lakukan penilaian,”
 ujar Kombes Pol Ferdinan Pasaribu, Minggu, (1/1/2023).

Kendati sudah dianggap layak ,lanjut dia, namun masih ada kekurangan yang harus segera dibenahi. Di antaranya penyediaan hydrant didalam stadion yang belum ada air.

"Itu merupakan salah satu temuan kami saat melakukan risk assement," terang Ferdinan Pasaribu.

Dikatakanya, penilaian kelayakan stadion tidak hanya dilakukan di Stadion Gelora Joko Samudro. Namun, ada 15 stadion yang tersebar di tanah air rata-rata nilainya masih layak. Tapi, ada juga paling bawah seperti stadion di daerah Banten.

"Tujuan adanya ini agar pertandingan sepak bola menarik dan jadi tontonan masyarakat. Sarana hiburan keluarga maupun wisata. Sepak bola bukan jadi tempat adu otot atau arogansi klub," imbuhnya.

Menurutnya, skor nilai Stadion Gelora Joko Samudro mencapai 69,85 persen. Nilai ini, tergolong masuk kriteria cukup.

"Stadion Gelora Joko Samudro Gejos masih lebih baik dari dua stadion di Madura. Skor tertinggi berasal dari sistem manajemen keamanan dengan bobot penilaian 30 persen. Resiko kompetisi 20 dan infrastruktur 20 persen," katanya.

Sementara itu,  Kapolres Gresik AKBP M.Nur Aziz mengatakan pihaknya mengapresiasi penilaian stadion ini yang dinilai cukup baik. Dirinya menyarankan untuk kekurangannya pengelolah stadion, dan dinas terkait segera membenahi atas saran tim risk assement.

"Kekurangannya tinggal melengkapi bila ada pengecekan lagi," paparnya.

Senada, Ketua Panpel Syamsul Dluha mengatakan, ada beberapa catatan kedepannya segera diperbaiki. Jadi semangatnya setelah penilaian ini bisa manjadi motivasi bagi perangkat pertandingan lainnya.

"Kalau sudah dinilai kelayakannya suporter yang hadir melihat pertandingan datang dan pulang dengan selamat," pungkasnya.

 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut