get app
inews
Aa Read Next : Rutan Gresik Berikan Layanan Pemeriksaan kesehatan Gratis Bagi WBP Lansia

Tingkatkan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Gresik Ajak Seluruh Faskes Optimalkan Layanan Digital

Sabtu, 14 Januari 2023 | 22:23 WIB
header img
RSUD Ibnu Sina Gresik menyediakan Duta Mobile JKN yang siaga membantu memberikan informasi dan mengedukasi peserta JKN mengenai fitur antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN.

GRESIK, iNews.id  – Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Gresik, mengupayakan seluruh fasilitas kesehatan di tingkat pertama maupun tingkat lanjutan dapat mengoptimalkan layanan digital.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Tutus Novita Dewi, mengatakan pemanfaatan layanan digital dimaksudkan untuk memberikan layanan cepat dan mudah bagi peserta.  Salah satunya dengan pemanfaatan antrean digital melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Tahun ini BPJS Kesehatan memfokuskan pada mutu layanan. Oleh karena itu, kami mengupayakan seluruh fasilitas kesehatan di tingkat pertama maupun tingkat lanjutan dapat mengoptimalkan layanan digital,”ujar Tutus Novita Dewi, Sabtu (14/1/2023).

Tutus memastikan seluruh fasilitas kesehatan, khususnya Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) dapat mengarahkan peserta Program JKN yang memerlukan pelayanan kesehatan rujukan sesuai rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Kemudian, peserta yang memerlukan layanan kontrol ulang dapat mendaftarkan pelayanannya melalui fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean) pada Aplikasi Mobile JKN. Pendaftarannya dapat dilakukan satu hari sebelum kontrol.

“Dengan antrean online, maka peserta mendapatkan informasi waktu antrean, sehingga dapat memperkirakan waktu yang tepat datang ke rumah sakit tanpa harus menunggu lama yang pada akhirnya menjadi lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Ibnu Sina, dr. Irma Sp.PD., mengatakan pemanfaatan layanan digital yang dihadirkan BPJS Kesehatan di rumah sakit membawa perubahan yang sangat positif, di antaranya mengurangi penumpukan pasien yang menunggu antrean di rumah sakit.

RSUD Ibnu Sina mengarahkan peserta JKN yang membutuhkan layanan kontrol ulang agar mengunduh hingga mengakses pendaftaran melalui fitur antrean online. Hal ini dikarenakan mereka pasti akan kembali ke rumah sakit untuk kontrol berikutnya.

“Dengan mendaftar secara online melalui aplikasi JKN Mobile, maka peserta program JKN, tidak berlama-lama menunggu antrian di rumah sakit, ,” ujar Irma.

Lebih jauh, Irma mengungkapkan, timnya telah menyediakan Duta Mobile JKN yang siaga membantu memberikan informasi dan mengedukasi peserta JKN mengenai fitur antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Melalui Duta Mobile JKN, diharapkan masyarakat dan stakeholder terkait mendukung perubahan ini demi kecepatan layanan dan peningkatan mutu layanan,” jelasnya.

Diinformasikan, pemanfaatan Fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean) melalui Aplikasi Mobile JKN untuk akses layanan di rumah sakit sangat praktis.

Setelah berhasil masuk ke Aplikasi Mobile JKN dan memilih fitur tersebut, maka peserta memilih menu Faskes Rujukan Tingkat Lanjut.

Selanjutnya akan tampil nama peserta dan pilihan nomor rujukan. Setelah itu, peserta langsung mendapatkan nomor antrean, dan bisa langsung menunjukkan antrean tersebut setelah sampai di rumah sakit.

 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut