get app
inews
Aa
Read Next : Semarak Ramadhan, PK IMM Teknokrat UMG Bagikan Takjil Gratis Kepada Masyarakat Sekitar Kampus

Kader Muda Mendominasi Pencalonan Pimpinan Daerah Aisyiyah Gresik

Senin, 06 Februari 2023 | 12:02 WIB
header img
Dari sejumlah nama yang muncul dan telah disahkan melalui Sidang Pleno V, hampir 50 persen merupakan kader muda Aisyiyah

GRESIK, iNews.id - Sebanyak 30 nama tampil menjadi calon Tetap Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Gresik periode 2022-2027.  Menariknya, dari sejumlah nama yang muncul dan telah disahkan melalui Sidang Pleno V, hampir 50 persen merupakan kader muda Aisyiyah.

Ketua panitia pemilihan (Panlih), Nur Hidayati mengatakan dari 30 nama yang terjaring, lebih didominasi kader muda. “Alhamdulilah, proses regenerasi di PDA Gresik berjalan dengan baik,“ ujar Nur Hidayati, usai mengumumkan hasil pleno V di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Gresik, Ahad, (5/2/2023).

Dikatakanya, anggota PDA yang ditetapkan dalam Musyda berasal dari usulan cabang dan anggota periode yang sedang berjalan dan mendapat rekomendasi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik. Penetapan nama nama ini, diawali dengan proses penjaringan anggota PDA.

"Kami meminta usulan 9 nama calon PDA kepada 18 PCA se-Kabupaten Gresik yang ditentukan berdasarkan rapat PCA," ujar perempuan yang akrab disapa Nur. 

Nur Hidayati, menambahkan PDA Aisyiyah Gresik, juga melakukan hal yang sama dengan mengusulkan 9 nama calon PDA, sesuai pasal 13 ayat 2 AD ART PDA. Menurutnya, usulan ini ditentukan berdasarkan rapat PDA Kabupaten Gresik. 

“Selanjutnya, panlih menerima usulan, melakukan verifikasi dan seleksi berdasarkan persyaratan yang berlaku,” terangnya.

Panlih, lanjutnya meminta kesediaan menjadi calon PDA kepada calon pimpinan yang sudah terseleksi dan terverifikasi, tidak merangkap jabatan di kepengurusan partai politik. Jika terpilih 9 besar, maka diminta kesediaan mundur dari jabatan di partai politik.

"Dari proses ini, ada 30 nama yang menyatakan kesediaanya. Daftar nama tersebut,  dimintakan persetujuan PDM Kabupaten Gresik untuk menjadi calon tetap. Bagi mereka yang nanti masuk formatur 9 orang, maka yang masih merangkap kepengurusan di Parpol harus mundur dari partainya" terangnya. 

Nama-nama ini, kemudian dibawa dalam sidang pleno lanjutan Musyda yang rencananya akan dilaksanakan di Perguruan Muhammadiyah Bungah, Gresik, 19 Februari 2023 mendatang. Mereka akan dipilih Anggota Musyda menjadi 9 Anggota PDA Gresik 2022-2027 yang sekaligus sebagai Anggota Formatur.

 “Anggota Formatur akan memilih Ketua dan Sekretaris PDA Kabupaten Gresik 2022-2027,” pungkasnya.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut