get app
inews
Aa Read Next : Pasar Bandeng Kawak, Tradisi Warga Gresik Sambut Idhul Fitri

Banjir di Gresik Meluas, Rendam 6 Wilayah Kecamatan

Rabu, 22 Februari 2023 | 21:40 WIB
header img
Banjir di wilayah Kecamatan Driyorejo itu salah satunya dipicu hujan deras hingga membuat tanggul sungai di Mojosarirejo jebol

GRESIK, iNews.id – Tingginya curah hujan dalam dua pekan terakhir menyebabkan 6 wilayah kecamatan di kabupaten Gresik terendam banjir. Kini, banjir melanda sejumlah desa di wilayah Kecamatan Driyorejo.

Bahkan, di beberapa titik, ketinggian air mencapai 1 meter. Kondisi terparah terjadi di Desa Sumput. Sejumlah kompleks perumahan terendam di antaranya perumahan De Naila. 

"Ketinggian air hingga mencapai kap mobil," ujar Dewi Wulan, salah seorang warga setempat, pada Selasa (21/2) malam.

Sebetulnya, setiap hujan deras mengguyur, jalanan di kawasan Sumput memang kerap menjadi langganan banjir. Dampak kali afvoer setempat meluap. Namun, banjir kali ini terbilang paling parah.

"Bukan hanya Sumput, beberapa desa lain di Kecamatan Driyorejo juga kebanjiran. Cuma terparah Sumput sepertinya,’’ ungkapnya.

Prigi Arisandi, pegiat lingkungan kelahiran Driyorejo, mengungkapkan, banjir parah di wilayah Driyorejo sudah bisa diprediksi sejak lama. Sebab, alih fungsi lahan sangat masif. Dulu masih banyak lahan untuk resapan air. Kini, praktis sudah banyak yang berubah. Baik jadi perumahan, kompleks pergudangan maupun industri.

‘’Solusinya antara lain penegakan aturan, revitalisasi sungai, hingga edukasi pada masyarakat untuk turut menjaga lingkungan masing-masing. Terutama pengelolaan sampah,’’ tegas direktur eksekutif Ecoton itu.

Banjir di Kecamatan Driyorejo itupun menambah banyak wilayah yang tersapu banjir. Sebelumnya, luapan Kali Lamong juga tengah menerjang beberapa desa di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Menganti, Kedamean, dan Cerme. Total ribuan rumah warga terdampak. Belum lagi sawah-sawah yang terendam. Padahal, baru mulai tanam.

Luberan Bengawan Solo juga menyasar sejumlah desa di Kecamatan Bungah. Kabar banjir dan longsor pun terjadi di dua kecamatan Pulau Bawean beberapa hari lalu. Tidak hanya itu. Hujan lebat juga membuat kawasan kota sekitar Pasar Gresik dan sekitarnya tergenang. Selama ini, kawasan itu memang angganan banjir, meski beberapa kali telah dilakukan normalisasi saluran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Darmawan kepada awak media mengungkapkan, banjir di wilayah Kecamatan Driyorejo itu salah satunya dipicu hujan deras hingga membuat tanggul sungai di Mojosarirejo jebol. ‘’Ini kami sedang melakukan pengecekan langsung di lokasi,’’ ujarnya, Selasa malam.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut