get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan SDM Unggul, Petrokimia Gresik Berikan Pelatihan Softskill

Festival Bintang Pelajar MKKS SMA Swasta Gresik, Fasilitasi Siswa Unggul dan Berprestasi

Sabtu, 20 Mei 2023 | 14:03 WIB
header img
Kepala dinas Pendidikan S Hariyanto bersama Ketua MKKS SMA Swasta Gresik Agus Syamsudin usai pembukaan festival bintang pelajar di GNI Gresik.

GRESIK, iNews.id - Sebanyak 871 pelajar se Kabupaten Gresik bersaing menunjukkan keunggulan bakat dan akademisnya di ajang Festival Bintang Pelajar (FBP) yang diinisiasi MKKS SMA Swasta Gresik di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Sabtu (20/5/2023).

Kegiatan untuk mengangkat talenta pelajar milenial dan mengenalkan SMA Swasta kepada masyarakat dilaksanakan secara serentak di tiga zona yakni Gresik bagian tengah, utara dan Selatan pada hari Sabtu (20/5) dan Minggu (21/5). 

Sedangkan materi yang dilombakan yakni Olimpiade dan baca puisi untuk pelajar tingkat SMP. Serta lomba melukis dan mewarnai untuk pelajar tingkat Taman kanak kanak (TK) dan Sekolah dasar (SD). 

Kepala dinas pendidikan kabupaten Gresik, S Hariyanto mengatakan sangat mendukung dan menyambut positif festival bintang pelajar yang diinisiasi MKKS SMA Swasta Gresik. Kegiatan ini sebagai wujud kolaborasi antar kepala sekolah dalam Fasilitasi Siswa Unggul dan Siap Bersaing.

"Saya sangat mengapresiasi kolaborasi para kepala sekolah dalam upayanya melahirkan siswa unggul, berprestasi dan berakhlak mulia," ujar S Hariyanto usai membuka FPB.

Festival ini, lanjut Hariyanto diharapkan menjadi motivasi pelajar mengembangkan bakat dan kemampuan akademisnya menjadi yang terbaik. "Dengan begitu, siswa akan mendapatkan pengalaman dan mental untuk bekal menjadi generasi yang hebat dan berakhlak mulia," bebernya.

Ketua MKKS SMA Swasta Gresik, Agus Syamsuddin mengatakan festival ini untuk mengangkat talenta pelajar milenial dan mengenalkan SMA Swasta kepada masyarakat Gresik. "Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi masing-masing sekolah untuk memperkenalkan kepada masyarakat potensi keunggulannya. 

Agus Syamsuddin menambahkan, dampak kemajuan teknologi dan informasi sangat mempengaruhi perilaku, kemampuan dan kecakapan para pelajar. Karena itu, pihaknya berencana menggelar kegiatan ini secara berkelanjutan. 

"Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk terus meningkatkan kualitas penyelengaraan pendidikan, termasuk di dalamnya kualitas peserta didiknya," bebernya.

Menurutnya, festival Bintang Pelajar merupakan implementasi dari kurikulum merdeka dengan mengembangkan pembelajaran berbasis soft skills dan karakter sesuai profil pelajar pancasila. "Karakteristik dari kurikulum merdeka ini, salah satunya adalah pembelajaran berbasis pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila," pungkas Agus Syamsudin. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut