get app
inews
Aa
Read Next : Tingkatkan SDM Unggul, Petrokimia Gresik Berikan Pelatihan Softskill

Hebat, Siswa SMA Raih 4 Medali Olimpiade Biologi Internasional di Armenia

Selasa, 06 September 2022 | 16:59 WIB
header img
Siswa asal Indonesia meraih medali olimpiade internasional di ajang internaional Biology Olimpiad (IBO) ke - 33 di Armeni (FOTO : PUSPRESNAS)

JAKARTA, iNews.id - Siswa Indonesia kembali mendapat raihan positif di kancah Internasional. Kali ini, menyabet dua medali emas dan dua medali perunggu di ajang International Biology Olympiad (IBO) ke-33 di Yerevan, Armenia.  

Dua medali emas masing-masing diraih Gregorius Tendi siswa kelas XII SMA Santo Yakobus, DKI Jakarta dan Michael Purnama siswa kelas XI SMAK St. Louis1, Surabaya. 

Dua medali perunggu berhasil diraih dua orang siswa, yakni Sherly Anastasia siswi kelas XI SMAK Petra 1, Surabaya dan Jefferson Filbert Tjoenardi siswa kelas XII SMAK Petra 2, Surabaya.  

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kepala Puspresnas), Asep Sukmayadi mengatakan, ajang IBO tahun ini merupakan pertama kali diselenggarakan secara tatap muka, karena sebelumnya dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19.

"Kami memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada para peraih medali. Semoga capaian ini menambah semangat kalian untuk terus menorehkan prestasi,” ujar Asep dalam keterangannya, Selasa (19/7/2022).  

Asep menjelaskan, ajang IBO ke-33 tahun 2022 ini diselenggarakan di Kota Yerevan, Armenia sejak 8 hingga 18 Juli 2022 dan diikuti 62 negara peserta. 

Setiap negara mengirimkan maksimal empat perwakilan siswa dari tiap negara. Total peserta mencapai 240 siswa dari seluruh dunia. "Pelaksanaan tes IBO 2022 dibagi menjadi dua bagian yakni tes praktikum dan tes teori dengan komposisi penilaian 50:50," ungkapnya.  

Tes praktikum terdiri dari empat topik yang mencakup Biokimia (uji aktivitas enzim), Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (reaksi fotosintesis dan proses adaptasi tumbuhan), Zoologi dan Sistematika (identifikasi jenis ikan khas Armenia), serta Bioinformatika (jalur pensinyalan pada sel), selama masing-masing 90 menit.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut