get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Berburu Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik

Produktivtas Ubi Cilembu Meningkat 35,29 Persen Berkat Pupuk Komersial Petrokimia

Jum'at, 02 Juni 2023 | 12:01 WIB
header img
SVP Transformasi Bisnis PG, Eko Suroso (3 dari kanan), Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan (4 dari kanan), bersama Stakeholder terkait saat Panen Raya Demplot Ubi di Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat

GRESIK, iNews.id - Petrokimia Gresik, berhasil meningkatkan produktivitas ubi cilembu hingga 35,29 persen melalui program "Panen Raya Demplot Komoditas Ubi" di Desa Cilembu, Kecamatan, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Senior Vice President (SVP) Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik, Eko Suroso menyampaikan sebelumnya hasil panen berkisar 20,03 ton per hektar. Namun, dengan menggunakan pupuk komersil Petrokimia Gresik serta pendampingan ahli dari Petrokimia Gresik, hasil panennya meningkat menjadi 27,01 ton per hektar. 

"Ada peningkatan produktivitas sekitar 7,07 ton setiap Hektarnya atau setara dengan 35,29 persen. Lonjakan hasil panen ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani," ujar Eko.

Dikatakanya, pupuk komersil Petrokimia Gresik yang diaplikasikan pada program demplot ini yaitu  ZA Plus dan NPK Phonska Plus. ZA Plus merupakan pupuk alternatif yang ditawarkan untuk petani yang masih membutuhkan pupuk ZA, yang kini tidak masuk dalam skema subsidi. 

Begitu juga dengan Phonska Plus, karena alokasi pupuk NPK bersubsidi yang terbatas dan hanya diperuntukkan bagi sembilan komoditas. "Hal ini, sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022. Sedangkan, komoditas ubi tidak termasuk dalam tanaman yang berhak mendapatkan subsidi," jelasnya.

Eko Suroso mengungkapkan kedua produk tersebut berfungsi membantu meningkatkan produktivitas tanam dan kesejahteraan petani. Pupuk ZA Plus diperkaya dengan tambahan unsur hara micro yaitu Zinc sebesar 1.000 ppm. 

Penggunaan pupuk ZA Plus dapat meningkatkan warna, aroma, rasa, dan memperbesar umbi sehingga sangat cocok untuk komoditas ubi cilembu. Sedangkan, Phonska Plus memiliki kandungan Zinc yang dapat memperbanyak umbi serta diperkaya Sulfur yang dapat meningkatkan kualitas dan daya simpan hasil panen.

"Kami berharap budidaya demplot ini bisa diduplikasi petani ubi Cilembu lainnya di Sumedang agar semakin banyak petani yang merasakan manfaat dari pupuk pengembangan Petrokimia Gresik," ungkapnya.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan berharap program kerjasama antara petani ubi cilembu dengan Petrokimia Gresik terus berkelanjutan. Pemerintah Kabupaten Sumedang, akan menindaklanjuti kerjasama untuk menjamin ketersediaan pupuk dan keterjangkauan harga para petani khususnya di Desa Cilembu. 

“Saya berharap Petrokimia Gresik meneliti pupuk yang cocok untuk petani ubi Cilembu, Sehingga hasilnya semain meningkat lagi,” pungkasnya.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut