get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Berburu Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Ajarkan Siswa Sekolah Dasar Bijak Kelola Sampah

Selasa, 06 Juni 2023 | 21:00 WIB
header img
Sebanyak 50 siswa sekolah dasar mendapatkan pelatihan kelola sampah

GRESIK, iNews.id - Puluhan pelajar sekolah dasar (SD) di Gresik mendapatkan pelatihan pengelolaan sampah yang dilaksanakan PT Petrokimia Gresik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngipik, Kecamatan Gresik KOta, Kabupaten Gresik, Senin (5/6/2023). Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan hari lingkungan hidup Sedunia 2023 atau World Environment Day yang jatuh pada tanggal 5 Juni. 

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo diwakili Vice President (VP) Lingkungan, Liliek Harmianto menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Petrokimia Gresik terhadap lingkungan, khususnya di wilayah Kabupaten Gresik. 

"Edukasi pengelolaan sampah, menjadi kegiatan pembuka. Ini menjadi upaya kita mengenalkan dan membangun kesadaran peduli lingkungan sejak usia dini kepada siswa-siswi SD," ujar Liliek.

Kegiatan edukasi, lanjutnya, diikuti  sebanyak 50 pelajar dari delapan SD peraih Adiwiyata  di sekitar perusahaan. Sekolah-sekolah ini memang sudah memiliki komitmen yang tinggi dalam pengelolaan lingkungan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mendidik masyarakat sejak usia dini dan bisa terus berlanjut untuk menciptakan generasi muda yang inovatif dan solutif terhadap permasalahan lingkungan hidup," tandasnya.

Liliek Harmianto mengungkapkan peserta mendapatkan pelatihan memilah sampah plastik, organik dan anorganik, sehingga memberikan nilai ekonomis dan ekologis. Kemudian peserta mendapatkan edukasi pembuatan pupuk kompos, pembudidayaan maggot, pembuatan Eco Enzym dan penanaman pohon di TPA Ngipik.

"Kami memberikan pembekalan pengelolaan sampah, komposting kepada anak-anak sejak usia dini. Harapannya bisa menjadi habit bagi mereka, dan diterapkan langsung di lingkungan sekolah maupun rumah. Sehingga menginspirasi bagi teman-teman serta keluarganya," tutup Liliek.

Rangkaian program memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilanjutkan dengan CHARITREE (Challenges Donasi Pohon X Viral); ENCHALL (Lomba KTI mahasiswa seluruh Indonesia); Penanaman Pohon Langka di SOR PT Petrokimia Gresik; Penandatangan Employee Green Behaviour (EGB), serta Grebek Sampah Plastik di Pasar Gresik bersama DLH.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut