get app
inews
Aa Read Next : Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif dari Limbah Industri

Korban Gempa Bumi Bantul dan Gunung Kidul Dapat Bantuan Semen dari SIG

Rabu, 12 Juli 2023 | 23:53 WIB
header img
SIG bekerja sama dengan BPBD Bantul dan Gunung Kidul menyalurkan bantuan semen untuk perbaikan rumah warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul.

Jakarta, iNewsGresik.id- Warga Bantul dan Gunung Kidul, Yogyakarta yang terdampak gempa bumi mendapatkan bantuan semen dari Semen Indonesia Group (SIG). Bantuan semen tersebut digunakan untuk perbaikan rumah warga, fasilitas pendidikan dan rumah ibadah di 32 lokasi yang tersebar di 8 wilayah kecamatan di Kabupaten Bantul dan 3 kecamatan di Kabupaten Gunung Kidul.

Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul, Purwono mengatakan, gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta pada 30 Juni 2023 lalu menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah warga dan sejumlah fasilitas umum, seperti sekolah dan rumah ibadah. Jenis kerusakan meliputi tembok retak hingga ambrol, genting dan plafon runtuh. 

“Saya sampaikan terima kasih kepada SIG yang bergerak cepat menyalurkan bantuan semen untuk perbaikan agar dapat ditinggali dan digunakan kembali dengan aman," ujarnya, Rabu (12/7).

Salah seorang penerima bantuan, Boniyem (73 tahun) mengatakan bantuan semen sangat berarti dan dibutuhkan untuk  perbaikan rumahnya. Gempa bumi menyebabkan rumahnya retak-retak, tembok di beberapa bagian rumahnya ambrol, sehingga harus disangga dengan kayu. Sebagian atap dan genting juga runtuh. Bahkan, sejumlah pintu dan jendela rumah tidak presisi karena posisi tembok bergeser. 

“Saya ucapkan terima kasih sudah diberikan bantuan. Semoga dapat memperbaiki kerusakan sehingga saya bisa kembali ke rumah saya dan tinggal dengan aman,” ungkap Ibu Boniyem, warga Desa Ngemplak, Kelurahan Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. 

Senada disampaikan Sarni (52 tahun), warga Desa Tambakrejo, Keluruhan Sodo, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Perempuan yang sehari hari bekerja menjadi perajin tampah ini, mendapat bantuan dari SIG untuk perbaikan rumahnya. 

“Terima kasih banyak SIG atas bantuan semen ini, sehingga kami bisa segera memperbaiki rumah untuk ditempati lagi,” kata Ibu Sarni.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, bantuan yang disalurkan melalui program TJSL, merupakan bentuk kepedulian SIG terhadap para warga terdampak gempa bumi yang berada di Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul, Yogyakarta. 

“Sebagai perusahaan BUMN, SIG berkomitmen selalu hadir sebagai solusi bagi masyarakat, apalagi gempa ini menimbulkan kerusakan tempat tinggal warga. Semoga bantuam semen dari SIG ini membantu proses perbaikan cepat selesai dan berdaya tahan untuk perlindungan bagi pemilik rumah ke depan,” kata Vita Mahreyni.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut