get app
inews
Aa Read Next : Ibadah SG Singapura Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa Bawean

Pejabat Tinggi TNI dan Polri Tinjau dan Salurkan Bantuan Warga Terdampak Gempa di Pulau Bawean

Sabtu, 30 Maret 2024 | 21:43 WIB
header img
Pejabat tinggi TNI dan Polri tinjau warga terdampa gempa di pulau Bawean Gresik

iNewsGresik.id - Sejumlah pejabat tinggi TNI dan Polri meninjau warga dan salurkan bantuan kepada warga terdampak gempa di pulau Bawean Gresik. 

Sejumlah pejabat tersebut di antaranya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto dan Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, yakni Pangkoarmada RI, Laksamana Madya Denih Hendrata, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Ariyanto Condrowibowo, Danpuspenerbal Laksamana Muda TNI Sisyani Jaffar, dan Danlantamal V, Laksamana Pertama TNI Joni Sulistyawan.

Pejabat tinggi TNI dan Polri menuju pulau Bawean Gresik menumpang pesawat udara dari Bandara Juanda Sidoarjo dan mendarat di Bandara Harun Thohir, di Kecamatan Tambak, Bawean.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, kegatan ini, sebagai wujud keprihatinan, memberikan dukungan moril dan menyalurkan bantuan dan layanan pengobatan gratis kepada warga terdampak gempa.

“Kami turut berbelasungkawa sedalam- dalamnya atas musibah gempa yang menimpa Pulau Bawean,” ujarnya, Sabtu (30/03/2024).

Ia menambahkan, gempa berkekuatan magnitudo 6.5 yang menimpa warga di Pulau Bawean menjadi alarm untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Dengan begitu, tentu diperlukan mitigasi bencana yang tepat. 

"Hendaknya, Kita selalu meningkatkan kewaspadaan. Sebab, hingga kini belum ada teknologi yang bisa memprediksi waktu terjadinya gempa bumi," ungkapnya. 

Muhammad Ali menambahkan pada kunjungan ini, pihaknya menggelar baksos, memberikan saluran bantuan kepada korban yang terdampak gempa. 

“Semoga musibah gempa dapat segera selesai serta masyarakat Pulau Bawean dapat beraktivitas seperti semula,” tukasnya.

PJ. Gubernur Jawa Timur Adhi Karyono mengungkapan gempa di laut Tuban tersebut, merupakan gempa kerak dangkal, atau shallow akibat sesar aktif di dasar laut Jawa dengan mekanisme gerakan geser mendatar.

“Saya mengimbau warga agar tetap tenang. Meski tidak berpotensi terjadinya tsunamu, tetapu warga senantiasa meningkatkan kewaspadaan,” paparnya.

Sementara Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menyatakan terkait penyaluran bantuan, pihaknya sudah bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah serta stakeholder terkait dalam penanganan korban yang terdampak gempa bumi tersebut.

“Kami sudah menyalurkan bantuan yang merupakan amanah yang harus segera didistribusikan kepada. Khususnya warga yang terdampak gempa bumi di Pulau Bawean,” pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut