get app
inews
Aa Read Next : Terlilit Pinjol, Buruh Pabrik Nekad Bawa Kabur Motor Temannya

Waspada Penipuan Mengatasnamakan BPJS Kesehatan, Modusnya Memberhentikan Kepesertaan JKN

Rabu, 26 Juli 2023 | 17:08 WIB
header img
Modusnya, pelaku menginformasikan memberhentikan kepesertaan JKN.

iNewsGresik.id - Penipuan mengatasnamakan BPJS Kesehatan, mulai bermunculan. Modusnya, pelaku menginformasikan memberhentikan kepesertaan JKN

Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan, Agustian Fardianto meminta masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap modus tersebut. Modus penipuan mengatasnamakan Care Center BPJS Kesehatan dengan menginformasikan bahwa kartu kepesertaan JKN akan diberhentikan. 

"Kami menegaskan, BPJS Kesehatan tidak pernah menonaktifkan kartu kepesertaan JKN secara sepihak tanpa ada alasan yang jelas,” kata Ardi, Rabu 26 Juli 2023. 

Sebelumnya, lanjut Ardi muncul berbagai modus penipuan  yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan, di antaranya peserta diminta menyebutkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), mengatasnamakan badan usaha, menyampaikan informasi palsu bahwa kartu kepesertaan peserta telah melebihi batas pemakaian terhadap obat-obatan. 

Selain itu, juga ada modus penipuan yang menyebutkan BPJS Kesehatan memberikan bantuan sosial kepada peserta, modus rekrutmen kepegawaian, hingga ancaman yang menyatakan bahwa kepesertaan JKN akan segera diblokir. 

“Sekali lagi, Kami sampaikan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah menghubungi peserta dengan memberikan informasi palsu, dimulai meminta NIK, pemberian hadiah atau bantuan sosial hingga meminta peserta untuk mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening yang mengatasnamakan perorangan,” ungkapnya. 

Menurutnya, jika peserta mengalami kondisi tersebut. agar tetap tenang. Tidak gegabah dan segera memastikan kembali kebenaran informasi ke kanal resmi BPJS Kesehatan di nomor 165. 

BPJS Kesehatan mengimbau agar peserta yang menjadi korban penipuan segera melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib. Pada prinsipnya, masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap konten penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan. 

"Kami berkomitmen selalu melindungi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta. Upaya pencegahan penipuan menjadi salah satu prioritas BPJS Kesehatan demi menjaga kepercayaan masyarakat terhadap penjaminan layanan kesehatan yang diberikan,"pungkasnya.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut