get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Berburu Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik

Meriahkan HUT Ke-51, Petrokimia Gresik Gelar Bazaar UMKM PetroNite Fest

Senin, 31 Juli 2023 | 22:09 WIB
header img
SEVP Operasi, I Ketut Rusnaya dan Komandan Kpdim 0817 Gresik saat mengunjungi stand UMKM peserta PetroNite Fest

iNewsGresik.id- Petrokimia Gresik menggelar beragam kegiatan, pada rangkaian HUT ke-51 di antaranya  Bazaar UMKM bertajuk 'PetroNite Fest' 2023 di halaman GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik. 

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan PetroNite Fest menjadi saah satu bentuk komitmen nyata Petrokimia Gresik dalam membangun kebersamaan dengan masyarakat. Tidak sekedar menghibur masyarakat, karena PetroNite juga menggandeng sebanyak 375 UMKM.

"UMKM merupakan pilar perekonomian Indonesia berbasis kerakyatan. Oleh karena itu, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN yang juga salah satu pilar penggerak perekonomian, menaruh komitmen dan perhatian tinggi terhadap UMKM, salah satunya melalui kegiatan ini,” ujarnya Dwi Satriyo usai membuka Pekan PetroNite, Senin, 31 Juli 2023.

Dikatakanya, PetroNite Fest bertema "Kembali ke Desa, dari Petrokimia untuk Indonesia" berlangsung selama 9 hari, mulai tanggal 29 Juli sampai 6 Agustus 2023. Melibatkan ratusan UMKM mitra binaan perusahaan, Pedagang Kaki Lima (PKL), Masyarakat Sekitar Perusahaan (MSP), perwakilan BUMN, dinas-dinas terkait, dan Petrokimia Gresik Grup. 

“Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari Petrokimia Gresik untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi UMKM sekitar perusahaan,” tandas Dwi Satriyo.

Ketua Panitia HUT Ke-51 Petrokimia Gresik, Liliek Harmianto mengatakan PetroNite Fest tahun ini dipersembahkan khusus untuk UMKM asli Gresik dengan sistem pendaftaran secara online dan terverifikasi. Hanya UMKM Gresik yang dapat menjadi peserta tenant dari PetroNite Fest. Hal ini, sejalan dengan arahan Manajemen untuk memprioritaskan masyarakat, khususnya UMKM Gresik.

"Kami menciptakan sistem pendaftaran baru secara online dan sistem verifikasi 3 tahap yaitu verifikasi administrasi, verifikasi tatap muka pra-acara, serta verifikasi on site agar acara ini tepat sasaran" ujar Liliek Harmianto. 

Dikatakanya, sistem online ini dibuat untuk memberikan kenyamanan calon peserta stan, saat mendaftar. "Jadi calon peserta stan tidak perlu panas-panas, berdesak-desakkan saat mendaftar. Mereka cukup mempersiapkan seluruh berkas dan mendaftarkan secara online dan dapat dilakukan dimana saja." ungkapnya.

Sistem pendaftaran online, lanjutnya menerapkan prinsip first come first served. Artinya, data pendaftar yang masuk lebih dahulu  akan dilakukan verifikasi.

"Antusiasme PetroNite Fest sangat luar biasa, kemarin pada saat pendaftaran dibuka dalam hitungan menit kuota yang tersedia telah habis," terangnya.

Masih kata Lilik Hermianto, panitia menyampaikan terima kasih atas antusiasme luar biasa. Pihaknya mohon maaf, jika tidak bisa mengakomodir semua pelaku UMKM akibat keterbatasan area di GPR Tri Dharma Petrokimia Gresik. "Semoga tahun depan bisa ikut meramaikan PetroNite Fest," terang Liliek.

Salah satu pemilik stan di PetroNite Fest, Umroni Jariyah menyampaikan rasa terimakasih, karena momen rutin tahunan yang digagas Petrokimia mampu mendongkrak omzet penjualanya. 

"Stan kami menhgadirkan beragam usaha jajanan produk ibu ibu PKK r. Pengunjungnya luar biasa, sehingga memberikan dampak positif bagi penjualan kami," ujar perempuan asal Kelurahan Lumpur, Kecamatan Kota Gresik. 

Sementara itu, salah satu pengunjung, Dian Mayasari mengaku terhibur bisa mendatangi pembukaan PetroNite Fest. Selain bisa menyaksikan hiburan, ia juga mengaku bisa berbelanja berbagai jajanan di PetroNite Fest ini.

"Saya datang bersama keluarga, kami bisa berkuliner, karena jajanannya sangat beragam," ujarnya. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut