get app
inews
Aa Read Next : Ramadhan Berbagi, Warga Kampung Siba Klasik Gresik Bagikan Takjil Bebas Sampah Plastik

Hemat Pengeluaran, Ibu Rumah Tangga di Gresik Olah Sampah Organik Menjadi Hair Tonic

Selasa, 15 Agustus 2023 | 09:18 WIB
header img
Atasi Sampah rumah tangga, Kelompok Ibu ibu PKK Olah Sampah Organik Menjadi Hair Tonic

iNewsGresik.id - Sampah organik, tidak hanya bermanfaat untuk bahan baku pembuatan pupuk, sabun cair maupun Antiseptik, tetapi juga bermanfaat untuk bahan baku pembuatan Hair Tonik (Penyubur Rambut), sepeti yang dilakukan kelompok ibu rumah tangga di desa Randu Agung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Hasil inovasi ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) di desa ini, efektif mengatasi persoalan gunungan sampah, kebersihan lingkungan dan memberikan nilai tambah ekonomis untuk masyarakat sekitar. 

Salah satu ibu rumah tangga, Endang mengatakan persoalan limbah rumah tangga yang kerap mengotori lingkungan, kini teratasi. Tidak ada lagi gunungan sampah, lalat maupun aroma menyengat yang ditimbulkan sampah rumah tangga

"Alhamdulilah. Lingkungan menjadi lebih bersih. Warga juga semakin antusias mengolah sampah organik, khususnya sisa makanan buah dan sayur untuk pembuatan eco enzyme," ujarnya di rumah Eco Enzym desa setempat, Selasa (15/8/2023).

Selain itu, lanjutnya, pengeluaran belanja kebutuhan rumah tangga juga lebih berhemat. Tidak perlu lagi membeli pembelian sabun cair, pembersih pembersih lantai, cuci piring, insektisida, anti ketombe, hingga belanja untuk pembelian pupuk tanaman. 

"Kami sangat bersyukur, karena warga semakin guyub rukun, lingkungan lebih bersih, dan bisa lebih berhemat," tandasnya. 

Ketua Yayasan Relawan Eco Enzym Indonesia (REEI) Gresik, Tatik Erawati mengatakan  pengelolaan sampah organik, khususnya sampah sisa makanan  efektif mengurangi pencemaran limbah sampah dan mewujudkan kawasan pemukiman Zero Waste (Bebas Sampah).

"Kami berharap agar masyarakat mengolah sampah organik rumah tangga secara mandiri untuk membuat beragam produk bermanfaat, sekalhgus mendapatkan penghasilan tambahan," ujarnya, Senin (14/8/2023).

Salah satu caranya, lanjut Tatik Erawati, dengan membuat Eco enzyme dari hasil fermentasi sampah organik atau rumah tangga, seperti sampah sayur dan buah. Cairan hasil fermentasi sampah tersebut dapat diolah menjadi enzim sampah atau eko enzim untuk berbagai keperluan, seperti pembersih rumah, pupuk,  pestisida alami.

"Eko enzim memiliki khasiat beragam di antaranya untuk bahan baku pembuatan sabun, antiseptik, pembersih sayur dan buah, penangkal serangga, hingga hair tonic penyubur rambut," jelasnya.

Tatik Erawati menambahkan pembuatan ekoenzim sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan sering ditemui dalam rumah tangga. Sedangkan, bahan yang dibutuhkan yakni gula (Tetes Tebu), limbah sayur atau kulit buah, dan air dengan perbandingan 1:3:10. 

"Proses fermentasi berlangsung sekitar tiga bulan. Ditandai dengan indikasi limbah turun ke bagian dasar, dan beraroma khas fermentasi. Setelah itu, eco enzyme disaring dan siap untuk berbagai keperluan," jelasnya.

Menurutnya, dengan membuat ekoenzim di rumah, maka dapat menghemat pengeluaran bulanan, terutama untuk pembelian sabun dan bahan pembersih lainnya di antaranya cairan pembersih lantai, cuci piring, insektisida, anti ketombe, dan masih banyak lagi. 

"Oleh karena itu, Saya membuka pintu lebar-lebar kepada warga yang pingin belajar mengolah sampah organik. Eco Enzyme tidak hanya mengurangi pencemaran limbah sampah, tetapi juga mewujudkan kawasan pemukiman Zero Waste (Bebas Sampah)," pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut