get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Ribu Warga Banjiri Tablig Akbar Habib Umar Bin Hafidz di Gresik

Profil Habib Umar bin Hafidz, Sosok Ulama yang Ramah dan Menjunjung Toleransi

Rabu, 23 Agustus 2023 | 14:31 WIB
header img
Habib Umar bin Hafidz bersama Habib Luthfi bin Yahya. Foto : Ist

iNewsGresik.id -  Habib Umar bin Hafidz namanya cukup dikenal umat muslim di Indonesia, karena ia telah melakukan dakwah di Indonesia sejak 1994. Selain itu, Habib Umar juga menginisiasi Majelis Al-Muwasholah Bayna Ulama Al Muslimin atau Forum Silaturrahmi Antar Ulama

Habib Umar bin Hafidz yang memiliki nama lengkap Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz dikenal sebagai sosok yang ramah dan menjunjung tinggi toleransi.  Habib Umar lahir di Tarim, Hadhramaut, Yaman pada tanggal 27 Mei 1963 Masehi bertepatan pada 4 Muharram 1383 Hijriah. 

Habib Umar terlahir dari keluarga para ulama. Ayahnya, Muhammad bin Salim bin Hafidz merupakan ulama terpandang di Yaman. Sedangkan, kakeknya Habib Hafidz bin Abdullah bin Syekh Abubakar bin Salim juga seorang ulama. Habib Umar diyakini keturunan Nabi Muhammad SAW.

Habib Umar bin Hafidz memiliki kakak laki-laki Habib Ali al-Masyhur bin Hafidz yang juga pendakwah. Kakaknya meninggal dunia pada Mei 2020. Almarhum kakaknya merupakan ahli Fiqih di Yaman.  

Habib Umar bin Hafidz diketahui telah menikah sejak usia 25 tahun dengan perempuan solehah bernama Ummu Salim, yang selalu mendampingi kemanapun Habib Umar berdakwah

Isteri Habib Umar, yakni Ummu Salim merupakan putri kedua Al-Imam Al-Habib Muhammad bin Abdullah al-Haddar yang dinikahinya saat berstatus janda. Akhlak dan keteladanan Ummu Salim diakui oleh semua ulama, khususnya kaum muslimah. 

Dari perkawinanya itu, Habib Umar memiliki dua anak laki-laki bernama Sayyid Salim bin Umar dan Sayyid Hamid bin Umar Hafidz.  Pendidikan Habib Umar bin Hafidz  telah menghafal Al-Qur'an pada usia yang sangat muda dan juga menghafal berbagai teks inti dalam fikih, hadits dan berbagai ilmu keagamaan. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut