get app
inews
Aa Read Next : Dukung Kelestarian Lingkungan, Petrokimia Gresik Tanam Ribuan Bibit pohon produktif di Desa Pengala

Nobar Film Tentang Lingkungan, Cara Warga Siba Klasik Gresik Mempertahankan Kelestarian Lingkungan

Minggu, 15 Oktober 2023 | 11:22 WIB
header img
Warga Siba Klasik Gresik gelar nobar film tentang lingkungan

iNewsGresik.id - Menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan tidak perlu rumit, seperti yang dilakukan warga Kampung Siba Klasik, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. 

Mereka menggelar Nonton bareng (Nobar) film berjudul Urban Oasis di balai RT, Kelurahan  setempat, Sabtu (14/10/2023). Film dokumenter yang mengusung tema revolusi lingkungan di tengah industri mendapatkan sambutan antusias warga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Nobar film tentang lingkungan ini, juga dihadiri  perwakilan Dinas Lingkungan Kabupaten Gresik dan sejumlah pegiat lingkungan hidup di antaranya Ecoton, Pattiro, RDEE Gresik, dan Bank Sampah Si Cantik Cerdas Siba. 

"Film ini, sangat spesial dan bisa menjadi pintu bagi orang tua untuk menanamkan rasa cinta lingkungan pada anak-anak mereka," ujar Ketua RT, Saifudin Efendi.

Saifudin menambahkan film ini mengisahkan model pengelolaan sampah di kampung Siba Klasik, sehingga menjadi kampung Zero Waste di kabupaten Gresik. 

"Banyak manfaat menonton film ini, di antaranya perjuangan warga mewujudkan lingkungan yang asri, bebas sampah plastik, mengembangkan tanaman toga dan produksi pupuk organik," terangnya.

Sutradara film Urban Oasis, Kevin mengatakan tujuan film ini untuk menggugah masyarakat dalam mengelola sampah dari rumah, sehingga terwujud lingkungan yang asri dan bebas sampah plastik. 

"Film ini, diharapkan menginspirasi warga lain. Mereka bisa meniru perjuangan warga kampung Siba Klasik dalam mewujudkan kampung mandiri sampah dan hijau di tengah industrialisasi," ujarnya. 

Film ini, lanjutnya, telah beberapa kali mendapatkan penghargaan di antaranya 1st Winner Communication Film Initiative Screening 2023, Screening Comfis Sidoarjo 2023, Special Screening Night Minggu Malam Movie by Kopikula.

"Penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi warga kampung SIBA KLASIK dalam mewujudkan kampung Zero Waste Cities di Gresik," terang mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Umsida Sidoarjo.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut