get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Minat Baca, Rutan Gresik Sediakan Perpustakaan Keliling Bagi Warga Binaan

Shalawat Nabi Bergema di Rutan Gresik, Berharap Keberkahan

Sabtu, 18 November 2023 | 09:12 WIB
header img
Habib Muhammad Assegaf dan Kepala Rutan Kelas II B Gresik, Disri Wulan Agus Tomo melaksanakan gelaran pengajian bertajuk Ngaji Lan Ngopi di Rutan Gresik

iNewsGresik.id - Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP), baik yang berstatus Narapidana maupun Tahanan titipan, penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Gresik, antusias mengikuti gelaran pengajian bertajuk Ngaji Lan Ngopi bersama Habib Muhammad Assegaf

Sebelum memberikan Tausiyah, Habib Muhammad Assegaf mengajak warga binaan pemasyarakatan (WBP) melantunkan sholawat dan bernyanyi bersama diiringi kelompok musik Tim Majelis Ngaji Lan Ngopi.

Lantunan sholawat dan alunan syair dari Abu Nawas yang mengisahkan seorang sahabat yang tak pantas masuk surga, namun tidak berani masuk neraka membuat WBP dan petugas Rutan larut dalam penghayatan yang sangat mendalam.

"Shalawat ini mengandung makna bahwa tidak ada satupun di dunia ini yang luput dari perbuatan dosa, kecuali Rasulullah SAW," kata Habib Muhammad Assegaf, di hadapan para penghuni rutan, Jumat (17/11/2023).

Habib Muhammad mengungkapkan sebagai seorang Muslim wajib hukumnya untuk mencontoh hal tersebut. Salah satunya di antaranya dengan memerangi hawa nafsu dan godaan duniawi.

"Karena melawan hawa nafsu merupakan perang yang lebih berat dari perang apapun. Jadi kita tetap berusaha untuk menjadi insan yang lebih baik," ungkap pemimpin Pondok Ar Roudloh Surabaya . 

Tidak semua orang yang berada di penjara, lanjutnya adalah ahli neraka. Bahkan bisa jadi banyak orang-orang yang di luar penjara malah ahli neraka. Oleh karena itu, jadikan hukuman di dunia menjadi pintu tobat. Bahkan, setiap Muslim harus merasa terpenjara agar jauh dari perbuatan yang dilarang.

"Kata Nabi, dunia ini adalah penjara bagi orang mukmin. Masih ada waktu untuk berubah. Karena orang yang sukses itu, sejatinya saat mati dalam keadaan husnul khatimah," ingat Habib Muhammad Assegaf. 

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Gresik, Disri Wulan Agus Tomo berharap gelaran pengajian ini menjadi wadah untuk menambah ilmu dan menjadi jalan menuju kebaikan. Agar tetap ikhlas menjalani hukuman. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa WBP dan petugas Rutan Gresik," ujarnya. 

Disri Wulan mengungkapkan gelaran Shalawat ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan seluruh umat manusia. 

"Ini bisa menjadi bekal, setelah keluar dan kembali kepada keluarg dan tidak mengulangi perbuatan yang sama. Semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi warga Binaan," pungkas Disri. 

Sebelum mengakhiri pengajian, sejumlah warga binaan meminta menyanyikan lagu Iwan Fals berjudul Ibu. Merekapun bernyanyi bersama dan larut dalam alunan syair dengan penjiwaan yang sangat mendalam. 

"Setidaknya lagu ini bisa memupus rasa rindu kepada Ibu, ungkapan pernohonan maaf dan penyesalan atas segala kesalahan," ujar salah seorang WBP. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut