get app
inews
Aa Read Next : Berkah Ramadhan, PTFI Berbagi Bersama Penyandang Disabilitas, Anak Yatim dan Dhuafa

Ratusan Warga Sekitar Smelter PTFI Gresik Semarakkan Lomba Daur Ulang HUT Ke-1 PTB

Kamis, 23 November 2023 | 15:37 WIB
header img
Lomba Daur Ulang Limbah, bazar UMKM dan santunan yatim piatu di Kantor Pusat Transformasi Bersama (PTB) di Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik

iNewsGresik.id – Ratusan warga dari 11 desa di sekitar kawasan pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) Gresik berpartisipasi mengikuti Lomba Daur Ulang Limbah, bazar UMKM dan santunan yatim piatu di Kantor Pusat Transformasi Bersama (PTB) di Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Senin (20/11). 

Ketua Umum PTB di Kantor PTB, Abdul Mu’id Zahid mengatakan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini, merupakan rangkaian peringatan HUT PTB ke-1. “Kegiatan ini merupakan komitmen PTB dalam pemberdayaan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar,” ujarnya, Selasa (21/11). 

Kegiatan bertajuk Satu Tahun Reformasi ini, lanjutnya, ditandai dengan pemberian donasi sebanyak 781 produk daur ulang limbah kayu kepada 40 lembaga penerima manfaat meliputi lembaga pendidikan, kesehatan, perekonomian desa, dan fasilitas umum lainnya.

"PTB dibentuk PTFI bersama Mitra Yayasan Takmir Masjid Manyar (Yatamam) dan PT Raya Manyar Persada (RMP) sebagai wujud komitmen PTFI dalam pengelolaan limbah konstruksi dari proses pembangunan smelter," ungkap Abdul Mu’id.

Abdul Mu’id menambahkan PTFI juga bermitra dengan Wahana Edukasi Harapan Alam Semesta (Wehasta), Lembaga Swadaya Masyarakat yang memiliki spesialisasi dalam pengelolaan limbah yang memverifikasi pengelolaan limbah konstruksi smelter PTFI memenuhi standard keberlanjutan perusahaan.

"Kami berharap PTFI terus memperhatikan lingkungan sekitarnya baik fisik, non fisik, dan sosial," jelas Abdul Mu’id yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Takmir Masjid Manyar (Yatamam). 

Hal senada disampaikan Wahyu Satrio Aulia dari Wehasta. Menurutnya, PTB bekerja sama dengan sembilan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di wilayah Kecamatan Manyar dan Bungah untuk penjualan produk daur ulang limbah konstruksi. 

"Keuntungan dari hasil produksi digunakan untuk melaksanakan program desa. Selain itu, pihaknya juga kolaborasi penanganan sampah plastik dengan Bank Sampah," ujarnya.

Sementara itu, Vice President Smelter and Refining Business Process PTFI, Aripin Buman menyampaikan pihaknya berkomitmen mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan dengan mempertimbangkan aspek kelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat.

"Hal ini, untuk memberikan nilai dampak positif dalam setiap proses bisnis yang dijalankan," ungkapnya. 

Sedangkan, Socio Investment Senior Officer PTFI, Ismi Yunita Utami mengatakan hadirnya PTB, untuk membantu PTFI dalam pengelolaan limbah pembangunan smelter yang saat ini telah mencapai lebih dari 80 persen untuk mewujudkan Green Industry.

“Selamat ulang tahun PTB, semoga terus merangkul dan memberikan contoh yang baik, agar masyarakat lebih peduli dalam pengelolaan limbah,” ujar Ismi Yunita Utami.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut