Logo Network
Network

Puluhan Peserta Abadikan Kawasan Heritage Bandar Grisse Dalam Lomba Menggambar Tingkat SD Gresik

Agis
.
Sabtu, 25 November 2023 | 15:26 WIB
Puluhan Peserta Abadikan Kawasan Heritage Bandar Grisse Dalam Lomba Menggambar Tingkat SD Gresik
Pemenang lomba menggambar tingkat SD yang digelar PWI Gresik

iNewsGresik.id - Sebanyak 64 peserta semarakkan lomba menggambar dan mewarnai tingkat sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kabupaten Gresik di kawasan Wisata Heritage Bandar Grissee, Gresik Sabtu (25/11/2023). 

Lomba ini, digagas Persawatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) dan Museum Sunan Giri untuk menyemarakkan kegiatan Giri Pancasuar Award (GPA) 2023 atau pemberian penghargaan kepada para tokoh di Kabupaten Gresik. 

Kawasan wisata heritage Bandar Gresik menjadi daya tarik peserta. Mereka antusias mengabadikan bangunan tua bersejarah melalui goresan pensii, spidol dan cat warna di atas kanvas.

Ketua PWI Gresik Deni Ali Setiono mengatakan kegiatan lomba menggambar ini dilakukan untuk mengasah kreativitas para siswa. Selain itu, lomba ini juga sebagai langkah meramaikan dan mengenalkan wisata heritage yang punya nilai sejarah di Kabupaten Gresik. 

“Kami harap para peserta bisa menampilkan karya terbaiknya,” ujarnya. 

Dalam lomba ini, lanjutnya, para peserta mendapatkan kesempatan selama 60 menit untuk membuat coretan di atas kanvas. Nantinya, setelah waktu yang ditentukan panitia tersebut, para peserta wajib mengumpulkan hasil karyanya.

“Tentunya dalam waktu tersebut, ada penilaian spontanitas goresan, komposisi warna, dan estetika dalam menggambar. Ini upaya dalam memberikan pembelajaran seni rupa kepada siswa usia dini. Sekaligus mengenalkan wisata heritage yang punya nilai sejarah,” tambahnya.

Deni Ali menambahkan PWI Gresik mendatangkan tiga orang juri yang berkompeten di bidangnya. Antara lain, Dwik Indhayani (praktisi seni rupa), M Natsir Amrullah (Dewan Kesenian Gresik) dan Wahyu Lazuardi (salah satu karyawan Disparekrafbudpora Gresik). 

"Para juri ini, melakukan penilaian secara obyektif, sehingga pemenangnya memang berkualitas" bebernya.

Sementara itu, Perwakilan Disparekrafbudpora Gresik Mudi Rahayu menjelaskan, dari hasil karya terbaik nantinya akan dipajang di Museum Sunan Giri. Ia mengajak peserta semangat menuangkan ide ide kreatifnya melalui karya lujisnya. 

"Pemenang dalam lomba ini, mendapatkan hadiah masing-masing Rp1 juta untuk juara 1, Rp750 ribu untuk juara ke-2, dan Rp500 ribu untuk juara ke-3," terangnya.

Tampil sebagai juara dalam lomba menggambar ini, yakni Juara 1 Raeesa Septivany Suwondo, siswa MI Al Hidayah Banjarsari, Cerme. Juara 2 Nuzulul Faridhatul Azizah, siswa MI Baitussalam dan  Juara 3 Zalfa Elvina Hardianti siswa MI Al-Maarif Sukomulyo. 

Salah satu peserta, Nur Azza Alina Safitri, siswa UPT SDN 27 mengaku sangat tertantang dengan lomba menggambar ini. "Alhamdulillah bisa tampil menjadi juara. Prestasi ini menjadi semangat untuk terus berkarya," ujarnya. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.