get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Inflasi, Distan Gresik Ajak Warga Ramai-Ramai Tanam Cabai

Jelang Nataru, Harga Cabai di Gresik Kembali Meroket, Tembus Rp100 Ribu per Kilo

Rabu, 06 Desember 2023 | 21:49 WIB
header img
Pedagang mengeluhkan kenaikan sejumlah harga Sembako, khususnya cabe keriting yang tembus Rp 100 ribu per kilogram

iNewsGresik.id - Menjelang natal dan tahun baru (Nataru) harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Gresik kembali meroket. Komoditas cabai yang sempat turun hingga Rp 75 ribu, kini harganya kembali naik menjadi Rp 100 ribu perkilo. 

Salah satu pedagang di Pasar Baru Gresik, Edi Prayitno mengatakan, kenaikan harga cabai naik secara bergelombang, sejak sepekan terakhir. Dari Rp 75 ribu naik menjadi Rp 80 ribu, kemudian Rp 90 ribu dan sekarang tembus Rp 100 ribu per kilogram.

“Ini masih belum akhir tahun, tapi cabai rawit sudah naik lagi menjadi Rp 100 ribu per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada cabai merah dari Rp 70 ribu menjadi Rp 90 ribu,” ujar EDI, Rabu (6/12/2023).

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas bawang putih. Dari Rp 28 ribu menjadi Rp 33 ribu per kilo. Bawang merah juga naik dari Rp 25 ribu menjadi menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Bahkan, tomat juga naik dari Rp 12 ribu menjadi Rp 15 ribu per kilogram. 

“Sudah banyak yang naik,  tapi yang paling parah memang cabai,” terangnya

Kenaikan harga ini, lanjutnya, karena harga dari pemasok yang mengalami peningkatan serta tingginya permintaan jelang momen Nataru.

“Pasokannya kurang sehingga harganya naik tajam,” jelasnya. 

Sementara itu, kenaikan harga bahan pokok ini membuat resah ibu-ibu di Gresik. Apalagi momentum tahun baru ingin dirayakan dengan liburan bersama. Namun pengeluaran rumah mulai membengkak. 

Salah seorang ibu rumah tangga, Astri bahkan menyetok bahan pokok mulai dari sekarang untuk mengantisipasi harga semakin naik di bulan Desember.

“Mulai stok meski takut nanti busuk, tapi lebih khawatirnya nanti naiknya tambah banyak. Diputar otak aja untuk menyimpannya agar tidak mudah busuk,” pungkasnya.
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut