get app
inews
Aa Read Next : Gagal Mendahului, Pelajar Asal Mojokerto Tewas Terlindas Truk

Libur Panjang Nataru, Ribuan Pelajar Banjiri Wisata Religi Gresik

Rabu, 27 Desember 2023 | 10:03 WIB
header img
Ribuan peziarah banjiri destinasi wisata religi gresik

iNewsGresik.id - Ribuaan peziarah membanjiri Destinasi Wisata Religi Makam Sunan Giri dan Makam Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik. Selain meneladani tokoh pejuang islam, kunjungan peziarah yang didominasi dari kelompok pelajar untuk memanfaatkan libur panjang Natal dan Tabun Baru (Nataru).

Juru Kunci Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik), Nur Shobirin mengatakan jumlah kunjungan peziarah meningkat hingga mencapai 70 persen dibandingkan dari hari biasa. 

“Untuk liburan Nataru tahun 2023 ini Alhamdulillah rame mas, sudah tiga hari ini peziarah membludak,” ungkapnya, Rabu(27/12/2023).

Sobirin menyebutkan rata-rata peziarah yang datang pada libur Nataru mencapai 2.000 orang perharinya yang didominasi oleh anak-anak sekolah, serta santri pondok pesantren.

“Wisatawan yang datang berasal dari berbagai daerah, diantaranya : Sumatra, Lampung, Palembang, Jambi, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta peziarah lokal,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung yang berasal dari Blitar, Gus Farid mengajak rombongan santri dari Pondok Pesantren untuk berziarah ke wali Gresik, sebab menurutnya penting bagi santri mengetahui tokoh-tokoh berpengaruh dalam penyebaran islam.

“Kegiatan ziarah ke makam para wali adalah agenda tahunan, tujuan utama untuk mengenal para wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa kepada anak-anak,” tuturnya.

Ia berharap semoga dengan berziarah ke makam oara wali dapat meneguhkan keimanan serta ngalap berkah para santri.

“Semoga bermanfaat dan mendapatkan barokah dari para wali, serta menjadi amalan kebaikan para santri. Harapannya tradisi ziarah juga bisa diajarkan ke generasi berikutnya,” pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut