get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Berburu Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Menjadi Perusahaan Terbaik Penerapan Transformasi Digital

Jum'at, 15 Maret 2024 | 16:31 WIB
header img
Dirut PG, Dwi Satriyo Annurogo menerima penghargaan Anugerah BUMN dari Menteri BUMN tahun 1998 - 1999, Tantri Abeng di Jakarta

iNewsGresik.id - Petrokimia Gresik, perusahaan Agroindustri holding Pupuk Indonesia meraih penghargaan 'Transformasi Digital Perusahaan Terbaik Pertama' di ajang 13th Anugerah BUMN 2024. 

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyatakan digitalisasi telah dijalankan perusahaan mulai dari proses perencanaan, pengadaan, produksi, distribusi hingga penjualan untuk menciptakan produk berkualitas dan berdaya saing.

"Manfaatnya tidak hanya dirasakan perusahaan, tetapi juga mendorong kesejahteraan petani dan kemajuan pertanian di tanah air melalui peningkatan produktivitas hasil budidaya," ujarnya, Jumat.

Dwi Satriyo menambahkan Petrokimia Gresik juga menerapkan transformasi digital di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya melalui aplikasi Digital Learning Center (DLC) atau aplikasi pembelajaran yang terintegrasi dengan empat platform. 

"Hal ini, untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Bahkan, DLC mampu mengurangi risiko kecelakaan pada proses pembelajaran di pabrik, serta menjadi solusi saat pandemi Covid-19 lalu," ungkapnya. 

Lebih jauh, Dwi Satriyo mengungkapkan untuk masa depan pertanian yang lebih maju dan modern, Petrokimia Gresik tengah mempersiapkan program digitalisasi Smart Precision Farming.

Program digitalisasi ini, lanjut Dwi Satriyo Petrokimia Gresik memanfaatkan teknologi drone dilengkapi dengan IoT untuk mengaplikasikan pupuk dan pestisida, mengambil data geo-spasial, soil test kit untuk mengukur unsur hara tanah, serta teknologi Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) yang dapat merekam indeks vegetasi tanaman melalui citra satelit kanal infra merah dan kanal merah. 

Program Smart Precision Farming juga akan dilengkapi dengan penggunaan pupuk berteknologi nano, sehingga lebih optimal penyerapannya oleh tanaman.Pupuk berteknologi Nano ini, meruakan produk baru dan pertama kali dikembangkan di Indonesia. 

"Program Smart Precision Farming dan pupuk nano ini akan menjadi 'game changer' pertanian di Indonesia agar masa depan pertanian menjadi lebih baik," ungkap Dwi Satriyo.

Data yang terekam dari berbagai teknologi ini nantinya menjadi landasan dosis pemupukan yang presisi sehingga proses pertanian semakin efektif dan efisien. Selain itu, petani juga bisa mendapatkan informasi terkait luas lahan dan database mengenai kondisi tanah di lahannya.

"Smart Precision Farming dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pertanian Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi modern, sehingga budidaya pertanian dapat dilakukan dengan cara lebih efektif, efisien, dan presisi. Hasilnya pun lebih optimal sehingga pendapatan petani meningkat, dan menarik minat generasi muda Indonesia," tutupnya.

Diinformasikan, Anugerah BUMN 2024 yang memasuki tahun ke-13 juga menobatkan Dirut PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo sebagai Best CEO in Developing Project Smart Precision Farming.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut