get app
inews
Aa Read Next : Proliga 2024, Bank bjb Tandamata Sapu Bersih Dua Laga di Kandang

Tinhkatkan Pertanian Berkelanjutan, PG Luncurkan Inovasi Berbasis Digital

Senin, 22 Juli 2024 | 17:19 WIB
header img
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi didampingi Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dan Komisaris Utama, T. Nugroho Purwanto.

iNewsGresik.id - Petrokimia Gresik meluncurkan layanan Agro Technology Center, Pabrik Phonska Cair dan Mobil Uji Tanah Next Generation (MuGen) pada pembukaan Petro Agrifood Expo (PAE) 2024, di Gresik, Jawa Timur. 

Prosesi peluncuran Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi didampingi Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dan Komisaris Utama, T. Nugroho Purwanto.

Rahmad Pribadi mengatakan Petrokimia Gresik terus mengembangkan inovasi untuk kemajuan produktivitas  pertanian dan ketahanan pangan di Tanah Air.

"Petrokimia berhasil mengembangkan inovasi alat uji tanah. Sebelumnya uji tanah dilakukan secara manual, tetapi kini memanfaatkan teknologi digital. Bahkan, hasil imovasinya qdiimplementasikan di Pupuk Indonesia Group," ujarnya, Senin (22/7/2023). 

Di tempat yang sama, Dwi Satriyo mengatakan peluncuran 3 layanan ini, merupakan upaya Petrokimia Gresik memperkuat komitmennya sebagai perusahaan Solusi Agroindustri, khususnya dalam menghadirkan pertanian modern di Tanah Air. 

Selain itu, lanjut Dwi Satriyo, juga menjadi instrumen untuk mewujudkan visi perusahaan sebagai "Dominant Global Player in Integrated Agrosolution and Industrial Chemicals."

Menurutnya, Agro Technology Center, dibangun dengan memanfaatkan lahan nonproduktif menjadi lahan teknologi. 

"Fasilitas ini akan menjadi pusat edukasi pertanian yang menerapkan teknologi Internet of Things (IoT), " ungkapnya. 

Petrokimia Gresik juga menyempurnakan Mobil Uji Tanah menjadi MuGen. Mobil ini, akan dilengkapi dengan alat uji tanah digital, drone, serta videotro. 

"Mobil ini akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia untuk mendukung kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada petani, "Jelaa Dwi Satriyo. 

Masih kata Dwi, Petrokimia Gresik juga meluncurkan Pabrik Phonska Cair dengan kapasitas 1 juta liter per tahun. Pupuk ini untuk memudahkan petani dalam pengaplikasian pemupukan, cukup dengan penyemprotan. Juga mendukung pertanian modern dengan memanfaatkan teknologi drone pada pengaplikasiannya.

“Kami berharap Agro Technology Center, Pabrik Phonska Cair, dan Mobil Uji Tanah Next Generation dapat menjadi garda terdepan dalam pemanfaatan teknologi di bidang pertanian yang dapat mendukung kemajuan pertanian di Indonesia," ujar Dwi Satriyo.. 

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut