get app
inews
Aa Read Next : Lestarikan Ekosistem Laut, Cargill Tanam 16.000 Bibit dan Meresmikan Arboretum Mangrove Kalimireng

Peringati Harl Mangrove Sedunia, PT Smelting Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Lahan Konservasi

Senin, 05 Agustus 2024 | 14:22 WIB
header img
Aktivitas penanaman di lahqn konservasi Mangrove, ujungpangkah

iNewsGresik. id- Karyawan PT Smelting bersinergi dengan komunitas pecinta alam, mahasiswa dan masyarakat menanam 1.000 bibit mangrove di lahan konservasi mangrove Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresiik, Minggu (4/8/2024). 

Kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan Hari Mangrove Sedunia. dipusatkan di kawasan hutan konservasi mangrove yang dikelola PT Smelting bersama Pokmawas Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah.

Manager GA PT Smelting Indra SW Junor mengatakan, penanaman mangrove sebagai upaya melestarikan kawasan pesisir dan mencegah abrasi pantai khususnya di Kecamatan Ujung Pangkah.

"Penanaman ini kami lakukan di areal seluas 1.000 meter persegi di kawasan konservasi mangrove yang kami kelola bersama masyarakat Desa Pangkah Kulon. Kali ini, ada seribu batang yang ditanam," ujar Indra SW Junor.

Penanaman tersebut, lanjutnya melibatkan mahasiswa dan pecinta alam, mahasiswa PKN UB, kelompok masyarakat sadar lingkungan (Pokmawas) serta Yayasan Katulistiwa. 

"Upaya ini  sebagai edukasi serta meningkatkan kepedulian generasi muda dalam pelestarian lingkungan hidup, terutama mangrove," ungkapnya. 

Indra SW Junor menambahkan penanaman mangrove tidak hanya mencegah abrasi pantai, tetapi juga menjadi habitat banyak spesies pesisir. 

"Karena kawasan konservasi di Pangkah Kulon ini menjadi tempat transit burung Pelikan yang bermigrasi dari Australia ke Asia. Mangrove juga menjadi tanaman penyerap karbon yang efektif," beber Indra.

Masih kata Indra, penanaman mangrove merupakan komitmen perusahaan mendukung pelestarian lingkungan hidup.

"Kami berharap kegiatan serupa terus berlanjut dalam mendukung komitmen perusahaan terhadap kelestarian lingkungan hidup," terang dia.

Indra SW Junor menyebutkan sebanyak 1.000 bibit mangrove yang ditanam berjenis Rhizopora Apiculata dan Rhizopora Mucronata..

"Harapan kami penanaman mangrove bisa mencegah abrasi pantai, mengurangi emisi, memperkaya keanekagaraman hayati, satu pohon satu kehidupan," tegas Indra. 

Sementara itu, Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gresiik, Johar Arifin mengapresiasi langkah PT Smelting dan masyarakat setempat menanamkan mangrove di kawasan konservasi mangrove.

"Kami mengapresiasi pihak-pihak yang membantu menanam mangrove di tempat ini. Kami berharap dukungan seperti ini terus berlanjut, sehingga kawasan ini menjadi hutan mangrove di masa mendatang," katanya.

"Lahan konservasi mangrove di kompleks Pangkah Kulon ini juga menjadi habitat ekosistem ikan muara yang sangat membantu nelayan sekitar," jelas Johar Arifin.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut