get app
inews
Aa Read Next : Wamenaker Apresiasi Budaya Kerja di Lingkungan Perusahaan PT Smelting

Smelting Raih Penghargaan dari Kemenko PMK dan Suara Surabaya Media, Kontribusi Penanggulangan TBC

Kamis, 29 Agustus 2024 | 13:34 WIB
header img
Asisten Deputi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Kemenko PMK, Nancy Dian Anggraeni, menyerahkan penghargaan kepada Senior Manager General Affairs PT Smelting, Saptohadi Prayetno.

iNewsGresik.id - PT Smelting mendapatkan penghargaan bergengsi dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) serta Suara Surabaya Media atas kontribusinya dalam upaya penanggulangan Tuberkulosis (TBC). 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Asisten Deputi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Kemenko PMK, Nancy Dian Anggraeni, kepada Senior Manager General Affairs PT Smelting, Saptohadi Prayetno.

Prosesi Penyerahan penghargaan dilakukan di Forum Diskusi Merdeka dari TBC yang berlangsung di Hotel Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya pada Kamis, (29/8). 

Selain PT Smelting, penghargaan juga diberikan kepada Pemkab Gresik kategori pemerintah daerah. Dan Human Initiative kategori LSM dan komunitas Petir untuk kategori filantropi.

Asisten Deputi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Kemenko PMK, Nancy Dian Anggraeni mengungkapkan apresiasinya terhadap PT Smelting atas dukungan dan komitmennya dalam program penanggulangan TBC. 

"PT Smelting telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam mendukung berbagai inisiatif kesehatan masyarakat. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas peran aktif mereka dalam mengatasi masalah TBC di Indonesia," ujarnya.

Masih kata Nancy, pihaknya terus berupaya menurunkan angka ini. Saat ini, Indonesia masih berada di rangking kedua negara yang warganya banyak menderita TBC, setelah India. 

"Program eliminasi TBC dari kalangan swasta, seperti yang dilakukan PT Smelting, sangat membantu kami dalam menurunkan angka penderita TBC, "ujar Nancy. 

Senior Manager  GA PT Smelting, Saptohadi Prayetno mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut. Penghargaan ini menjadi pendorong untuk terus melaksanakan program CSR terkait penanggulangan TBC .

"Kami merasa terhormat dan bangga menerima penghargaan ini. Ini merupakan motivasi tambahan bagi kami untuk terus mendukung upaya-upaya penanggulangan TBC dan berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat," ujarnya. 

Saptohadi menambahkan PT Smelting Gresik bersama Human Initiative (HI) meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada penderita Tuberkulosis (TB) di Gresik. 

"Program ini melibatkan pendampingan serta pemberian bantuan berupa asupan bernutrisi dan dukungan produktif kepada penderita TB di Gresik," ungkapnya.

Program ini, lanjutnya, sudah berjalan sejak 2019 atau  lima tahun. "Jadi Smelting melakukan pendampingan kesehatan bersama Human Initiative ini sudah masuk tahun ke 5. Tahun pertama dengan 4 puskesmas dan tahun kelima sudah bekerjasama dengan 10 puskesmas,” ujar Saptohadi, didampingi Indra SW Junor Manager GA PT Smelting. 

PT Smelting juga memberikan bantuan lain, di antaranya usaha produktif untuk membantu para pasien TB termasuk bedah rumah untuk perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), beasiswa anak penderita, dan kapasitas kader. 

Hingga saat ini, PT Smelting bersama Human Initiative sudah mendampaingi sebanyak 730 pasien TB. Pendampingan ini membawa dampak positif dengan terlaporkannya penderita baru hingga 2200 orang, meskipun belum semua mendapat pendampingan.

“Jadi, pendampingan membawa dampak positif munculnya penderita baru yang selama ini takut atau malu atau bahkan dikucilkan. Sehingga bisa diarahkan berobat ke puskesmas. Menurut saya ga apa-apa semakin ketahuan malah semakin cepat tertangani karena TB kan menular dan dapat menyebabkan kematian,” tambahnya

Tahun 2024 ini kerjasama berlanjut dengan target pasien 250 penderita TB bisa tertangani baik kesehatan termasuk perekonomiannya. Komitmen ini diharapkan menggerakkan perusahaan- perusahaan di Gresik yang melakukan pendampingan sehingga upaya menuju Eliminasi TB tahun 2030 dapat tercapai.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut