Damar Kurung Raksasa Semarakkan Forum PMO Jawa Timur

Agus Ismanto
.
Selasa, 31 Mei 2022 | 09:59 WIB
Damar kurung raksasa,karya siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 (SMAMSATU) Gresik

GRESIK, iNEWS.ID - Damar kurung raksasa,karya siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 (SMAMSATU) Gresik mendapatkan apresiasi peserta Forum Project Management Office (PMO) tingkat Jawa Timur di gedung SMAMSATU Gresik, Senin (30/5/22). 

Produk siswa siswi Smamsatu Gresik menjadi salah satu peserta Pameran gelar karya proyek program  kegiatan PMO yang diikuti 10 sekolah penggerak di Gresik. 

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi dan sejumlah Kabid GTK serta kepala cabang Dinas Provinsi Jawa Timur pengelola sekolah penggerak angkatan 1.

Damar kurung produk komunitas powerart Smamsatu Gresik berukuran 2 meter x 2,5 meter. Jauh lebih besar dari ukuran damar kurung pada umumnya yakni sekitar 20 cm x 25 cm. 

Lampion khas kota santri Gresik merupakan produk Smamsatu yang dikerjakan selama lima hari sebagai penanda siap melestarikan budaya gresik. 

Ketua pelaksana kegiatan PMO Akhmad Yoni Risal mengungkapkan, damar kurung juga menjadi icon penting Smamsatu melalui bentuk bangunan gedungnya.

“Melalui karya ini, Smamsatu ingin meneguhkan budaya lokal kita mampu berbicara di tingkat internasional,” ujar Akhmad Yoni di sela kegiatan Forum Project Management Office (PMO) tingkat Jawa Timur.


Kepala Smamsatu Ainul Muttaqin, mengatakan, tahun ini merupakan tahun yang membanggakan untuk Smamsatu karena mendapat kehormatan menjadi tuan rumah kegiatan Forum Project Management Office (PMO) tingkat Jawa Timur.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan sarana koordinasi keterlaksanaan kegiatan program sekolah penggerak di Jawa Timur khususnya tingkat SMA dan SLB.

Damar kurung mengandung banyak pesan pesan moral. Pada setiap dindingnya berisi lukisan kegiatan budaya khas gresik, diantaraya aktivitas pembelajaran tambahnya”

“Hasil dari kegiatan ini diharapkan bisa menjadi ajang berbagi praktik keterlaksanaan program sekolah penggerak di masing-masing sekolah,” jelasnya. 

Gelar kegiatan PMO, tidak hanya menampilkan beragam karya proyek produk unggulan di masing-masing sekolah. Tetapi juga menjadi ajang pameran hasil produk proyek profil pelajar pancasila dari SMA dan SLB  sekolah penggerak se-Kabupaten Gresik.

Pameran gelar karya proyek juga menampilkan beragam kegiatan program PMO diantaranya kolaborasi antara orkestra dari SMA NU dan Paduan Suara Smamsatu, Sehingga menjadi suguhan yang spektakuler. 

Editor : Agus Ismanto
Bagikan Artikel Ini