get app
inews
Aa Read Next : Partai NasDem Gresik Apresiasi Polisi Tangkap Pengancam Anies Baswedan

PAN Gresik Usulkan Nama Zulkifli Hasan, Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawangsa Capres 2024

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:49 WIB
header img
DPD PAN Gresik menggelar raperda pertama, salah sat agendanya mengusulkan kandidat presiden dan wakil presiden 2024

GRESIK, iNews.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten Gresik, menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) pertama di Hotel Khas Gresik, Minggu (26/06/2022). 

Kegiatan yang dihadiri jajaran Pengurus harian daerah dan cabang se-kabupaten Gresik, salah satu agendanya menjaring kandidat calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) 2024 dengan memunculkan sebanyak 6 orang figur capres dan cawapres 2024. 

Ke-enam kandidat yang direkomendasikan yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Menteri BUMN Erick Thohir dan Panglima TNI Andhika Perkasa. 

"Nama-nama yang diusulkan merupakan tokoh nasional memiliki elektabilitas tinggi dan merepresentasikan semua golongan," kata Ketua DPD PAN Kabupaten Faqih Usman. 

Ia mengatakan, usulan Capres dan Cawapres ini akan disampaikan ke DPW PAN bersama dengan usulan dari DPD PAN Kabupaten/Kota lain di Jawa Timur. "Siapapun Capres dan Cawapres yang ditetapkan, DPP DPD PAN siap mengamankan dan melaksanakan Keputusan sampai ditingkat bawah," tegasnya.

Nama yang diusulkan, lanjutnya, harus memenuhi minimal lima kriteria, di antaranya, nasionalis religius, rekam jejak kepemimpinan yang kuat, berpihak kepada kelanjutan inovasi dan berkolaborasi, mempresentasikan semua golongan, serta berwawasan nusantara dan berperspektif global. 

"Indonesia kan terdiri dari bersuku-suku, jadi pemimpinnya mempresentasikan semua golongan agar tidak terjadi pembelahan," tambahnya. 

Soal tidak munculnya sejumlah nama capres dan cawapres, yang berasal dari kader luar partai PAN, menurutnya, lebih pada etika berpolitik di partai PAN. "Karena itu, kita tidak mengusulkan kader dari partai lain," terangnya.

Rakerda PAN Gresik, juga membahas sejumlah persiapan menjelang pemilu 2024, diantaranya verifikasi parpol, mekanisme perekrutan pencalegan, rekrutmen saksi, tata cara penggunaan aplikasi simPAN, dan penetapan pengurus DPC dan Ranting Partai Amanat Nasional se-Kabupaten Gresik. 

"Alhamdulilah soal verifikasi partai PAN Gresik telah tuntas 100 persen. Sedangkan, rekrutmen saksi ditargetkan mencapai 75 persen pada akhir Juni mendatang," 
pungkasnya.


 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut