get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Peternak Terdampak PMK di Gresik Terima Kompensasi Masing-masing Rp 10 Juta

Dianggap Tanaman Hama, Daun Meniran Ampuh Sembuhkan Ternak Dari Serangan PMK

Kamis, 07 Juli 2022 | 21:59 WIB
header img
Daun meniran atau Phyllanthus Urinaria ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan, diantaranya sembuhkan ternak sapi dari serangan virus pengakit mulut dan kuku (PMK).

GRESIK, iNews.id - Daun meniran atau Phyllanthus Urinaria ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan, diantaranya sembuhkan ternak sapi dari serangan virus pengakit mulut dan kuku (PMK). 

Jenis tanaman dengan ciri mirip tanaman putri malu dan tumbuh di semak semak ini, mengandung beragam jenis antioksidan, diantaranya Flavonoid yang bermanfaat untuk suplemen (stimuno).

"Daun meniran terdapat efek farmakologis antibakteri. Kandungan antibiotik di dalamnya bisa membunuh bakteri dan kuman-kuman," ujar Prof Suprapto Ma'at, penemu obat herbal untuk kekebalan tubuh di acara rapat koordinasi (Rakor) Forkopimda Gresik di Aula Pemkab Gresik, Kamis, (07/07/2022).

Rakor persiapan pelaksanaan idhul kurban bertema Mencegah wabah PMK pada ternak, yang digagas pemkab Gresik  diikuti ratusan peternak dan para kepala desa se-kabupaten Gresik.

Guru besar fakultas kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), mengatakan, formula ekstrak meniran terbukti berkhasiat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya menyembuhkan ternak dari serangan virus penyebab kelumpuhan ternak.

"Ekstrak meniran yang dikemas dalam Stimuno merupakan immnunomodulator yang dapat merangsang sistem imun agar fungsi dan aktivitasnya meningkat dan siap bekerja optimal menghadapi invasi mikroba dan virus," ujarnya.

Proses pembuatan ekstrak daun meniran, menurut peneliti di Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, tidak terlalu rumit. Selain itu, daun meniran juga mudah didapatkan, karena tumbuh di semak-semak. "Peternak bisa mencoba di rumah untuk menyembuhkan ternak dari serangan PMK," urainya.

Untuk membuat ekstrak meniran, lanjutnya, diawali dengan pengeringan. Daun dan akar meniran yang kering kemudian ditumbuk hingga halus dilanjutkan dengan proses perebusan. Selanjutnya, saripati meniran ditambahkan gula merah atau gula aren dan kembali direbus. 

"Ramuan ekstrak inilah, yang diminumkan ternak. Untuk ternak yang terjangkit PMK Kronis diberikan 2 kali sehari. Namun, ternak yang kondisinya tidak terlalu cukup diminumkan 1 kali sehari,"paparnya. 

Sementara itu, Fandi Akhmad Yani, bupati Gresik, mengatakan, peternak bisa membuat ramuan ekstrak meniran di rumah. Selain prosesnya mudah, bahan bakunya juga tidak sulit. "Semoga ramuan ini membantu peternak dan memutus mata rantai penyebaran virus PMK di Gresik," ujarnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut