Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Siswa Bagikan Bendera Ke Pedagang Pasar

Agus Ismanto
.
Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:43 WIB
Aksi simpatik siswa mendapatkan sambutan antusias pedagang pasar dan sejumlah ibu rumah tangga yang berbelanja di psar

GRESIK, iNews.id - Peringati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke - 77, puluhan siswa SMA Muhammadiyah 10 Gresik (Smamio), membagikan bendera dan alat kesehatan (Alkes) kepada ratusan pedagang pasar dan para pengguna jalan di desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. 

Dengan mengenakan busana pejuang kemerdekaan, siswa kelas XI dan XII berjalan menemui para pedagang pasar dan sejumlah ibu rumah tangga yang berbelanja di pasar Pondok Permata Suci (PPS).

Aksi simpatik siswa ini, mendapatkan sambutan antusias Para pedagang pasar dan ibu rumah tangga yang sedang berbelanja. Usai menerima bendera, secara spontan mereka mengibarkan merah putih sambil menyanyikan lagu kebangsan Indonesia Raya.

"Saya sangat bangga melihat kepedulian anak anak. Semoga mereka menjadi anak yang berguna bagi nusa bangsa dan agama," ujar seorang pedagang sayur, Solikhah, Rabu (17/8/2022).

Salah satu siswa SMA Muhammadiyah 10 Sausan Yullia Dinata mengatakan, membagikan sebanyak 777 bendera dan alat kesehatan diantaranya masker dan Hand Sanitizer. 

"Jumlah bendera merah putih yang dibagikan sesuai dengan HUT RI yang ke 77," ujar Yuliana.

Dikataknya, sengaja membagikan alat prokes, untuk  mengajak masyarakat terus disiplin menerapkan prokes. "Karena pandemi Covid-19 belum kunjung selesai,” ujarnya. 

Menurutnya, pembagian bendera ini sebagai upaya membangun jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada teman teman di sekolahnya. Sengaja memilih pasar sebagai sasaran aksi, karena tidak jauh dari sekolah. 

“Alhamdulillah pebagian bendera merah putih ini disambut antusias masyarakat dan para pedagang di Pasar,” pungkasnya.

Editor : Agus Ismanto
Bagikan Artikel Ini