Logo Network
Network

Ini Dia, 10 Faskes Paling Berkomitmen Mutu Pelayanan Peserta JKN-KIS 2022

Agus Ismanto
.
Rabu, 21 September 2022 | 21:24 WIB
Ini Dia, 10 Faskes Paling Berkomitmen Mutu Pelayanan Peserta JKN-KIS 2022
BPJS cabang Gresik mengumumkan 10 Faskes di wilayah Gresik dan Lamongan paling berkomitmen mutu layanan peserta JKN-KIS

GRESIK, iNews.id | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Gresik mengumumkan sebanyak 10  Fasilitas Kesehatan Berkomitmen Tahun 2022 di wilayah Gresik dan Lamongan. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Tutus Novita Dewi,mengatakan 10 faskes dinilai berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Sebanyak 10 fasilitas kesehatan yakni empat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan enam Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)," ungkap Tutus Novita Dewi, Rabu (21/9).

Empat FKTP berkomitmen, lanjut Tutus Vovita Dewi, yakni Puskesmas Dradah kategori Puskesmas, Klinik Nayaka Husada 15 kategori klinik, dr. Peni Kartikasari Kategori Dokter Praktik Perorangan dan drg. Roro Suaidah Kategori Dokter Gigi. 

Sebanyak 6 FKRTL berkomitmen yakni RSUD Ibnu Sina Gresik dan RS Muhammadiyah Lamongan untuk type B. RSU Eka Husada Gresik dan RS Fathma Medika Gresik untuk type C. Sedangkan, RS Wates Husada Gresik dan RS PKU Muhammadiyah Sekapuk untuk type D.

Menurutnya, penilaian tersebut  berdasarkan beberapa aspek, diantaranya menjadi mitra BPJS Kesehatan minimal 1 (satu) tahun, nilai rekredensialing terakhir lebih dari 75, rata-rata rasio rujukan FKTP semester I 2022 kurang dari 15% dan kinerja Berbasis Komitmen rata-rata Semester I 2022 dengan capaian nilai 3-4. 

Selain itu, pemanfaatan antrean online yang terkoneksi dengan Mobile JKN Faskes, waktu respon dokter FKTP pada kontak tidak langsung melalui Mobile JKN Faskes, kontak tidak langsung (kontak sakit dan kontak sehat) serta capaian skrining kesehatan juga mendasari penilaian.

Penilaian untuk FKRTL, lanjutnya, harus memenuhi sejumlah aspek penilaian, diantaranya sekurang-kurangnya 1 tahun telah bekerja sama, hasil nilai rekredensialing RS untuk kelanjutan kerja sama tahun 2022 minimal memperoleh skor 75, komitmen terhadap kualitas pelayanan dalam pelaksanaan kerja sama, Profiling Rumah Sakit, Kualitas pengajuan klaim RS sampai dengan beban Juli 2022, serta ada catatan kritis atau tidak. 

"Kegiatan penilaian Faskes Berkomitmen ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Ini dimaksdukan untuk meningkatkan efektivitas kerja sama pengelolaan faskes," paparnya.

Penilaian ini, menurutnya, melibatkan pihak eksternal, yakni Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia, Asosiasi Klinik Indonesia, Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Indonesia, dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Wilayah Gresik. 

"Tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada faskes yang sudah memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN," ujarnya.

Tutua Novita Dewi menambahkan, mutu pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN juga juga menjadi materi penilaian. "Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa menjadi motivasi agar semakin baik dalam memberikan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Klinik Nayaka Husada 15,  Dwi Swandayani, mengatakan pencapaian yang diperoleh timnya menjadi motivasi, sehingga mendorong memberikan pelayanan peserta JKN yang lebih baik lagi.

“Kami merasa bangga tergabung sebagai FKTP jejaring BPJS Kesehatan.Kami berharap kerja sama ini dapat terus memberikan manfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Dwi yang menjabat sebagai Branch Manager.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.