Logo Network
Network

Sang Maestro Pantomim Septian Dwi Cahyo Tampil Memukau di SMA NU 1 Gresik

Agus Ismanto
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 09:09 WIB
Sang Maestro Pantomim Septian Dwi Cahyo Tampil Memukau di SMA NU 1 Gresik
SMA NU 1 Gresik sukses menggelar pertunjukan pantomim sang maestro pantomim Indonesia Septian Dwi Cahyo di Aula d Idam Khalid SMA NU 1 Gresik.


GRESIK, iNews.id - Sang Maestro Pantomim Indonesia Septian Dwi Cahyo tampil memukau di gelarasan pentas seni bertajuk "Juang  40" di Aula Idam Khalid SMANUSA, Sabtu Kemarin (1/10/2022).

Pantomimer peraih penghargaan Panasonic Award 1997 tersebut, mampu memukau ratusan penonton hingga larut dalam keseruan.  Bahkan, mereka terkagum - kagum dengan penuh rasa penasaran memahami alur pesan yang disampaikan di atas panggung. 

Salah satu penonton asal Bojonegoro, Anjar mengatakan  seru melihat atraksi pantomim
di pentas kali ini. Mata penonton seolah tertipu. Karena pantomim memang pertunjukan ilusi mata yang sangat mengasyikkan.

 “Saya sangat menikmati pementasan Mas Banon dan Mas Septian Dwi Cahyo. Membuat saya seakan berwisata imajinasi,” ujarnya, Minggu (2/10/2022). 

Menurut dia, pementasan pantomim ini menampilkan jokes kekinian dan relate dengan remaja masa kini. Meski pementasan berlangsung selama kurang lebih 90menit, tetapi  terasa sangat singkat. 

“Karena saya sangat menikmati setiap repertoar yang ditampilkan mas Septian. Terutama repertoar tentang 3 pahlawan. Setiap detail berhasil disampaikan dengan baik. Pertunjukan yang sangat bagus dan terjangkau,” ungkap Anjar. 

Pagelaran Pantomim Septian Dwi Cahyo bertajuk “Juang 40”, merupakan rangkaian perjalanan pertujukan sang maestro pantomim Indonesia di berbagai kota di Pulau Jawa. Pada tema Juang 40 sendiri ini, merupakan respons atas dedikasi Septian dalam panggung pantomim Indonesia selama 40 tahun. 

Pertujukan ini merupakan persembahan Septian bekerja sama dengan SMANUSA khususnya Teater NUSA. Pertujukan ini, dikemas dalam dua sesi ini yaitu pada Pukul 09.00 dan 15.30 Wib masing-masing berdurasi 90 menit. 

Kendati berdurasi panjang, tetapi penonton tidak merasa jenuh bahkan pertujukan satu jam lebih ini dirasakan masih kurang bagi sebagian penonton. 


Kepala SMANUSA, Agus Syamsudin mengapresiasi kepada sang maestro Septian Dwi Cahyo beserta timnya. Sang maestro tidak hanya menggelar pertujukan dan lokakarya sekaligus berbagi pengalaman di sekolah tercinta ini.  Dia berharap perrtunjukan pentas seni. seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan. 

“Kepada anak-anakku keluarga besar SMANUSA dan Teater NUSA saya juga mengucapkan rasa terima kasih.  Semoga Allah SWT membalas kebaikan ini semua," ucapnya. 

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia pagelaran pantomim M Afandy Syafruddin. Dari kegiatan tersebut ratusan tiket terjual. Tepatnya 300 orang menonton dalam pegelaran ini. Dengan demikian, ini merupakan jawaban atas kerja keras panitia dan keluarga besar Teater NUSA. 

“Alhamdulilah kegiatan berkangsung sukses dan lancar. Semua penonton patuh juga mematuhi disiplin prokes dengan memakai masker di arena pertujukan,” ungkap siswa kelas 12 SMANUSA.

Diketahui, sebelum memulai pementasan pantomim Septian Dwi Cahyo, penonton terlebih dahulu disuguhi penampilan pembuka oleh seniman pantomim alumni Institut Kesenian Jakarta Bannon Gautama.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.