Logo Network
Network

Membangun Karakter Pelajar Pancasila Melalui Fun Camp MATAPENA

Agus Ismanto
.
Rabu, 27 Juli 2022 | 22:46 WIB
Membangun Karakter Pelajar Pancasila Melalui Fun Camp MATAPENA
Selain membangun keakraban, Fun Camp MATAPENA juga untuk mewujudkan profile pelajar Pancasila

GRESIK, iNews.id - Sebanyak 269 peserta didik baru di SMA Nahdlatul Ulama NU 1 Gresik (SMANUSA) mengikuti kegiatan Fun Camp MATAPENA di bumi perkemahan Semen Gresik, selama 2 hari yakni pada hari Kamis - Jumat (22-23 Juli 2022).

Kegiatan perkemahan ini, menjadi puncak masa orientasi dan pengenalan sekolah (MATAPENA) di sekolah bersemboyan "Melangkah ke Masa Depan Dengan Fikir dan Dzikir". 

Selain membangun keakraban dan mengenalkan ekosistem sekolah, kegiatan Fun Camp MATAPENA juga untuk mewujudkkan profil pelajar pancasila melalui  pembiasan karakter Aswaja, Outbound, tracking kemampuan baca Al Quran hingga Hypnaotherapy.

Pembentukan profil pelajar pancasila ini  merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi (Mendikbudristek) untuk mewujudkan generasi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,  berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. 

Sesuai namanya, Fun Camp dikemas dengan beragam kegiatan yang seru dan menyenangkan dengan materi menekankan pendidikan yang berkarakter dan berorientasi pada perkembangan usia peserta didik.

Sejumlah satu wali murid,  menyambut antusias kegiatan  fun Camp  MATAPENA. Menjadi momen yang paling ditunggu  siswa, karena sudah jenuh dengan pola pembelajaran daring. 

Salah satu wali murid, Hasan Abdillah, mengatakan  MATAPENA menyuguhkan konsep sangat variatif.  Pada hari pertama, wali murid mendapatkan kegiatan Super Parenting dan di akhir kegiatan peserta didik baru mendapatkan materi Fun Camp dan hypnotherapy.

"Suasananya cukup seru, menyenangkan dan penuh keakraban. Memberikan banyak ruang bagi siswa baru untuk mengembangkan potensi diri," ujarnya.

Kepala SMANUSA Gresik,  Agus Syamsudin, mengatakan,  MATAPENA menjadi ajang peserta didik baru menjalin keakraban,  membangun rasa persaudaran  dan menguatkan profile pelajar Pancasila. 

"Harapannya, Jika tiap siswa mengamalkan nilai-nilai Pancasila, maka akan tercipta suasana kehidupan yang religius,  penuh kegotong-royongan, dan demokratis ," ujarnya..
 
Agus Syamsudin, juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak, baik panitia, bapak ibu guru dan karyawan yang sudah mendukung dan menyukseskan kegiatan MATAPENA.

“Terima kasih banyak kepada para wali murid yang telah mempercayakan proses tumbuh kembang anak dan proses belajar kepada SMANUSA Gresik,” terangnya

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini