get app
inews
Aa Read Next : Pasar Bandeng Kawak, Tradisi Warga Gresik Sambut Idhul Fitri

Memperingati Lahirnya Pancasila, Warga Dirikan Ikon Garuda Pancasila di Tengah Destinasi Wisata

Rabu, 01 Juni 2022 | 19:20 WIB
header img
Warga bergotong royong mendirikan Ikon Garuda pancasila di tengah destinasi wisata KPI Gresik.

GRESIK iNews - Beragam cara warga merayakan hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, diantaranya dengan mendirikan monumen garuda pancasila raksasa.

Monumen berukuran lebar 5 meter dan tinggi 4 meter berdiri megah di Wisata Kebun Pak Inggih (KPI) desa Sekapuk, kecamatan Ujungpangkah Gresik. 

Selain menjadi spot foto yang instagramable, monumen yang dilounching bertepatan dengan hari lahirnya pancasila juga menjadi media penanaman niliai nilai luhur pancasila. 

"Kami melaunching tepat di hari lahirnya pancasila sebagai upaya penanaman nilai nilai luhur pancasila, " Ujar Abdul Halim, kepala desa Sekapuk sekaligus pengelola destinasi wisata KPI.


Monumen garuda pancasila, menurutnya, juga menjadi sarana edukasi warga dan wisatawan yang datang berkunjung ke wisata KPI.


"Kita terus menggelorakan semangat NKRI dan menghormati jasa jasa para pejuang kemerdekaan," ujarnya.

Menurutnya, monumen garuda pancasila sebagai tetenger. Dibangun selama satu bulan berbahan kayu dan bambu melibatkan pemuda karang taruna desa setempat. 

"Kita tidak akan menjadi kuat tanpa ada persatuan, maka dari itu harus kita jaga bersama-sama," jelasnya.

Salah satu pengunjung Diah Permatasari mengungkapkan, sengaja datang karena penasaran dengan spot foto burung garuda pancasila berukuran besar.

"Ini bersama anak-anak dan keluarga, kesini awaknya karena penasaran. Tadi juga sempat foto disini, bagus juga ya," katanya, Rabu (1/6/2022) siang.

Destinasi wisata KPI merupakan wisata kedua setelah Setigi. Dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung diantaranya penginapan berkonsep rumah adat Nusantara Jawa, Bugis, Lombok dan Bali.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut