get app
inews
Aa Read Next : Revitalisasi Gresik Kota Tua, Festival Cokro Perkuat Implementasi Nawa Karsa Gresik Lestari

Sandiaga Uno Ajak Pelaku UMKM di Gresik Perkuat Digitalisasi Untuk Membuka Lapangan Kerja

Senin, 31 Juli 2023 | 09:35 WIB
header img
Menparekraf, Sandiaga Uno, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bedialog dengan pelaku ekonomi di Gresik

iNewsGresik.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku UMKM di Gresik  terus memperkuat digitalisasi. Selain membuka lapangan kerja, pemanfaatan teknologi digital juga efektif memangkas mata jalur distribusi, sehingga lebih efisien. 

"Saya sangat mengapresiasi peningkatan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Gresik yang bersemangat menciptakan peluang usaha," ujarnya usai berdialog dengan pelaku ekonomi kreatif di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro Gresik, Minggu malam, 30 Juli 2023.

Dikatakanya, pihaknya sangat mengapresiasi pelaku ekonomi kreatif di Gresik yang berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan di antaranya pengelolaan destinasi wisata Heritage Bandar Grisse, wisata religi dan sejumlah desa wisata tersebar di sejumlah wilayah di Gresik. 

"Saya sangat mengapresiasi upaya Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga terbuka peluang usaha itu sendiri," bebernya. 

Meski demikian, lanjutnya, masih banyak masyarakat, terutama kalangan anak muda yang kesusahan dan bingung ketersediaan lapangan kerja. Selain itu, kelompok ibu-ibu juga mengeluhkan harga-harga kebutuhan pokok (Sembako)yang terus merangkak naik. 
 
"Dengan adanya ekonomi kreatif didukung pemanfaatan teknologi, akan memberikan solusi untuk menuntaskan dua persoalan tersebut,' terangnya. 
 
Menurutnya, ekonomi kreatif mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Pemanfaatan teknologi juga dapat memberikan waktu yang lebih efisien dari hulu sampai hilir, sehingga data pasokan dan harga-harga bisa terpantau.

"Karena itu, saya mengajak pelalu ekonomi kreatif di Gresik lebih memaksimalkan teknologi digital," tandasnya.
 
Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf Sandi Uno yang meluangkan waktu menularkan ilmu dan pengalaman untuk warga Gresik. Ia juga mengapresiasi Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Jawa Timur yang menginisasi Ngopi Bareng Mas Sandi.
 
"Sektor ekonomi kreatif yang terbangun di Gresik tidak lepas dari tangan Mas menteri, saya berterima kasih atas perhatian dan kunjungannya di Gresik yang bersedia membagikan ilmunya kepada warga Gresik," katanya.
 
Dikatakanya, Bandar Grissee yang diresmikan Menparekraf Sandiaga Uno, sudah berkembang dan banyak para pelaku industri kreatif berada di tempat itu.
 
"Saya banyak lihat para seniman seperti pelukis dan yang bikin sketsa itu di sana, jadi lebih hidup," katanya.
 
Selain itu, pihaknya juga berterima kasih atas apresiasi dari Kemenparekraf film karya pemuda-pemuda Gresik yang berjudul Gemintang. "Dari industri film pemuda-pemuda Gresik juga telah diberi penghargaan oleh Menparekraf Sandiaga Uno, film Gemintang," ujarnya.
 
Oleh karena itu, dirinya berharap agar semua industri ekonomi kreatif di Gresik dapat terus berkembang untuk mensukseskan visi Indonesia Emas 2045. "Kita bergerak bersama untuk Indonesia Emas 2024 yang kurang 22 tahun lagi," pungkas Gus Yani.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut