Logo Network
Network

Luar Biasa! Anak Penjual Es Oyen Gerobak Mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda UCI 2023

Agis
.
Kamis, 10 Agustus 2023 | 22:18 WIB
Luar Biasa! Anak Penjual Es Oyen Gerobak Mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda UCI 2023
M. Andy Royan Mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda UCI 2023

GRESIK, iNewsGresik.id - Keterbatasan ekonomi tidak menyurutkan semangat M. Andy Royan (20) mewujudkan cita-citanya. Anak pedagang Es Oyen gerobak yang sehari-hari berjualan di pinggir jalan ini, mampu mengharumkan Indonesia di cabang olahraga balap sepada tingkat dunia. 

Remaja asal Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik tampil mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Balap Sepeda UCI 2023 (internasional UCI Cycling World Championship) 2023 di Glasgow Skotlandia yang digelar pada tanggal 9 hingga 12 Agustus 2023. 

“Si miskin berhak punya mimpi. Inilah pesan ayah yang terus melekat dan menjadi penyemangat mewujudkan cita cita," ujar Royan, sapaan akrab atlet balap sepeda mengawali kisahnya.

Meski terlahir dari keluarga sederhana,  tetapi tekadnya menjadi atlet sepeda dunia terus membara. Berkat ketekunanya, ia mampu menyabet segudang prestasi di antaranya Juara 3 Asian Championship di Thailand, Juara 1 di Tiga kelas Djarum Foundation Internasional Series di Wonosari Gunung Kidul tahun 2019.

Remaja berusia 20 tahun ini, juga berhasil menjadi Juara 1 di Dua kelas ITT dan Qriterium serta Juara 5 IRR dikarenakan trobel di jalan di Porwirejo Jateng tahun 2019, Juara 1 di Tiga kelas youth Djarum Foundation series di Lombok Barat tahun 2019, dan masih banyak lagi. 

Bahkan, Royan saat ini tercatat di Puslatnas menjadi atlet berbakat nasional dan akan mengikuti Asean Games di bulan Oktober mendatang.

Prestasi itu dicapai melalui perjuangan, disiplin dan semangat pantang menyerah. Ia harus berlatih selama 1,5 jam setengah dengan jarak tempuh 45 kilometer setiap hari. Latihan dilakukan setiap pulang sekolah. 

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini