Logo Network
Network

Pemkab Gresik Beri Penghargaan NawaKarsa Award Desa Siap 2023

Agis
.
Senin, 28 Agustus 2023 | 23:10 WIB
Pemkab Gresik Beri Penghargaan NawaKarsa Award Desa Siap 2023
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani Menyerahkan penghargaan Nawakarsa Award Desa Siap 2023

GRESIK, iNews,id- Sebanyak 6 desa dan 3 orang perangkat desa meraih penghargaan Nawakarsa Award 'Desa Siap' (Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan Desa) tahun 2023. Mereka tampil sebagai juara, setelah berhasil mengungguli sebanyak 356 peserta di ajang lomba transformasi digital di pemerintahan desa.

Proses penyerahan penghargaan dilakukan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, dan Sekretaris Daerah Pemkab Gresik Acmad Washil Miftahul Rachman di gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Senin (28/8/2023).

Nawakarsa Award Desa Siap digagas Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Diskominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), dan Bappeda sebagai sarana untuk meningkatkan layanan masyarakat secara transparan, efisien dan lebih efektif.

“Ini adalah salah satu item dari Nawa Karsa, melalui Gresik Akas (Amanah, Kolaboratif, Antisipatif dan Sigap) yang di-breakdown menjadi Desa Siap. Bentuknya Transformasi digital tingkat desa, pelayanan publik dasar, informasi apa pun bisa diakses melalui website desa,” ujar Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani didampingi Wakil Bupati Gresiik Aminatun Habibah, Senin (28/8/2023). 

Penerapan digitalisasi di tingkat desa, lanjut Bupati yang akrab disapa Gus Yani, masyarakat desa bisa mendapatkan informasi dari Pemerintah Desa, mengawasi kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa. 

"Yang awalnya manual, Kita dorong menjadi digital. Sebanyak 330 desa dan 26 Kelurahan kita dorong untuk melakukan transformasi dan digitalisasi. Masyarakat bisa mendapatkan informasi apa pun di desanya, di antaranya informasi penerima manfaat bantuan, dan sebagainya,” ungkapnya. 

Dalam penganugerahan Nawa Karsa Award Desa Siap ini, Tim juri yang berasal dari perguruan tinggi dan komunitas Open Desa menetapkan sebanyak 3 desa meraih penghargaan Nawakarsa Award Desa siap 2023, kategori Website terbaik yakni desa Leran, kecamatan Manyar sebagai juara Pertama. Disusul Desa Ngawen, kecamatan Sidayu sebagai juara Kedua dan desa Tenaru, kecamatan Driyorejo juara Ketiga. 

Kemudian Kategori Vlog bertema pelayanan desa digital inklusif diraih desa Dadapkuning, kecamatan Cerme. Kemudian Vlog konten parodi terbaik diraih desa Balungpanggang, kecamatan Balungpanggang dan Vlog dengan like terbanyak diraih desa Ngampel, kecamatan Balungpanggang. 

Sedangkan penghargaan Nawakarsa Award 2023, kategori inovasi ide kreatif dan inovasi desa diraih Lilik Kusmatin dari desa Sukomulyo, kecamatan Manyar sebagai juara pertama. Kemudian Zico Malifon dari kelurahan Gending, kecamatan Kebomas meraih juara Kedua. Dan Samsul Arifin dari desa Ngampel, kecamatan Balungpanggang meraih juara Ketiga. 

Kepala Dinas Kominfo Gresik, Ninik Asrukin mengatakan dinasnya akan selalu siap memastikan dan mengawal keberlanjutan website Desa Siap ini. “Diskominfo akan siap membantu pengembangan website desa ini,” ungkapnya.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News

Bagikan Artikel Ini