get app
inews
Aa Read Next : Ketika Kepala Rekam Medik Rumah Sakit Semen Gresik Jadi 'Guru Dadakan' di SD YIMI Gresik

Sukseskan Peserta Didik, SMANIC Tingkatkan Sinergi Wali Murid dengan Guru

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 10:52 WIB
header img
Rayakan Maulid Nabi Muhammad, SMANIC gelar Parenting dan Silaturahmi di sekolah

iNewsGresik.id - Kolaborasi sekolah dan orang tua menjadi kunci keberhasilan peserta didik. Pelibatan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan berperan sangat strategis, karena berkepentingan terhadap kesuksesan anaknya. 

"Peran orangtua sangat penting dalam mendukung kesuksesan anak. Harmonisasi guru dengan wali murid menjadi kunci keberhasilan pendidikan," ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Cerme (SMANIC), Indah Nusarini para perayaan Maulid Nabi yang dihadiri Wali murid siswa kelas X, Kamis (12/10/2023). 

Pada kegiatan bertajuk Parenting dan Silaturahim ini, Indah Nusarini mengajak wali murid bekerjasama dengan pihak sekolah untuk menyiapkan peserta didik mewujudkan masa depan yang lebih baik. 

"Selain membangun silaturahmi dengan wali murid, kegiatan ini juga bertujuan menyiapkan anak didik inovatif dan berkarakter pelajar Pancasila," tegasnya. 

Indah Nusarini menambahkan SMA Negeri 1 Cerme telah menorehkan berbagai prestasi akademik maupun non akademik. Prestasi ini, tak lepas dari peran aktif wali murid dan guru yang terus mendukung penuh kegiatan peserta didik. 

"Prestasi terbaru, dua Tim SMAN 1 Cerme meraih Juara 2 dan Juara 3 Olimpiade Medical Laboratory Technologist tingkat Nasional. Dan memborong juara satu best speaker 1, best speaker 2 di ajang lomba Debat di UMG, " terangnya.

Prestasi Non Akademik, lanjutnya, PMR SMAN1C meraih sejumlah gelar juara di ajang Jumbara (Jumpa, Bhakti dan Gembira) Se-Kabupaten Gresik yang di selenggarakan PMI Kabupaten Gresik. 

"Alhamdulilah. Siswa SMAN 1 Cerme berhasil menggondol ranking umum di kejuaraan ini," bebernya. 

Masih kata Indah Nusarini, SMAN 1 Cerme juga meraih prestasi olahraga yang mentereng di ajang Porprov 2023.  Atlet Jujitsu SMANIC, Aprilia Maulida berhasil meraih medali perak dan perunggu. Sedangkan, dua siswanya yang tergabung dalam atlet drumband Kabupaten Gresik berhasil menyumbangkan dua emas dan empat perak.

"Prestasi ini berkat harmonisasi wali murid dan guru. Semoga prestasi ini, menjadi penyemangat dan mendongkrak prestasi peserta didik di masa masa mendatang,"tandasnya. 

Sedangkan, Dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. H. M. Shodiq, S.Ag, M.Si yang menjadi narasumber menyampaikan  keberhasilan pendidikan anak dipengaruhi sinergi yang baik antara orang tua dan para guru.

"Orangtua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Selain itu, orangtua juga harus memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup kepada anak," ungkap Shodiq.

Kegiatan Parenting dan Silaturahim di momen peringatan Maulid Nabi Muhammad mendapatkan sambutan antusias wali murid kelas X.  Mereka mengaku mendapatkan banyak ilmu dan motivasi dari kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami mendapatkan banyak ilmu dan motivasi untuk mendidik anak-anak kami dengan benar," ujar salah satu wali murid, Irfan.

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut