get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Memperebutkan 19 Kursi Panwascam di Gresik

Bawaslu Gresik Telusuri Dugaan Pelanggaran Deklarasi Ratusan Kades Log in Relawan Jawi Wetan

Sabtu, 06 Januari 2024 | 20:00 WIB
header img
Bawaslu Gresik Telusuri Dugaan Pelanggaran Deklarasi Ratusan Kades Log in Relawan Jawi Wetan

iNewsGresik.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik menelusuri  dugaan terjadinya pelanggaran dalam deklarasi ratusan kepala desa Login ke Relawan Jawi Wetan

Ketua Bawaslu Gresik, Achmad Nadhori mengatakan penelusuran dilakukan dengan melihat fakta di lapangan untuk mengetahui terjadinya potensi pelanggaran atau tidak dalam kegiatan tersebut.

"Proses penelusuran dengan melakukan konfirmasi kepada sejumlah pihak di antaranya  Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik maupun dari relawan Jawi Wetan," ujar Achmad Nadhori.

Nadhori menambahkan sebelumnya telah memberikan surat imbauan dan sosialisasi terkait netralitas ASN, Polri, TNI serta Kepala Desa. "Jadi, kami sudah melakukan berbagai upaya pencegahan," tegasnya. 

Berdasarkan pemberitaan yang beredar, lanjutnyua pihaknya belum bisa memastikan terjadinya pelanggaran dalam deklarasi ratusan kades tersebut. 

"Oleh karena itu, Kami akan melakukan penelusuran, mengumpulkan informasi detail terkait kegiatan deklarasi tersebut," ungkap Nadhori.

Masih kata Nadhori, pada tahap ini, pihaknya belum melibatkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). "Jika ditemukan bukti pelanggaran yang mengarah pada pidana pihaknya baru akan melakukan registe dilanjutkan dengan pembahasan bersama Gakumdu," pungkas Nadhori.

Editor : Agus Ismanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut