get app
inews
Aa Read Next : Unik! TPS Bernuansa Valentine di Gresik, Pemilih Dapat Bonus Coklat dan Bakso Gratis

Destinasi Wisata Gresik Universal Science Segera Diresmikan, Telan Anggaran Rp 3,7 Miliar

Rabu, 10 Januari 2024 | 17:16 WIB
header img
Destinasi wisata baru Gresik Universal Science yang semula bertitle Gedung Islamic Centre segera diresmikan

iNewsGresik.id - Masyarakat di belahan Gresik Selatan bakal memiliki destinasi wisata baru yakni Gresik Universal Science (GUS) yang berada di desa Kedungpring, Kecamatan Balungpanggang, Kabupaten Gresik.

Destinasi wisata baru yang semula bertitle Gedung Islamic Centre  ini, menempati lahan seluas 1,2 hektar. Gedung ini diproyeksikan menjadi taman hiburan yang menjadi kebanggan warga Gresik.

Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Gresik Ida Lailatussa’diyah mengatakan destinasi wisata GUS diproyeksikan akan diresmikan pada tahun ini. 

"Progres pembangunan sudah separuh perjalanan. Satu dari tiga gedung tower sudah rampung dikerjakan," ujarnya, Rabu (10/1/2023).

Namun, lanjutnya 2 gedung lainnya masih menunggu pengerjaan lanjutan. Bangunan ini diproyeksikan sebagai Gresik Universal Science untuk menjadi pusat keramaian baru di wilayah Gresik Selatan.

"Rencananya, 1 gedung yang sudah rampung akan diresmikan pada akhir bulan Februari 2024, tepatnya pada tanggal 26 Februari atau tepat 3 tahun pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Gresik," tuturnya.

 Ida Lailatussa’diyah  menambahkan pengerjaan gedung lainnya direncanakan dilakukan pada tahun 2024. Pengerjaan satu gedung tersebut akan difungsikan sebagai Art Science dan perpustakaan dengan persiapan anggaran sekitar Rp 10-13 miliar.

“Rencananya dilanjutkan tahun 2024 satu gedung. Sisanya kalau memang ada anggaran, dilanjut lagi,” jelasnya.

Diketahui, pembangunan Islamic Center dimulai sejak tahin 2019 dengan menelan anggaran sebesar Rp 37,5 miliar. Jumlah ini sudah termasuk penganggaran 2023 yang merampungkan satu gedung tower masjid sebesar Rp 7,5 miliar.

Tahun ini, penganggaran dialokasikan hanya untuk pengerjaan satu dari dua gedung tower yang belum dilanjutkan. 
 

Editor : Agus Ismanto

Follow Berita iNews Gresik di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut